Spot Foto Menarik Di Tempat Wisata Tebing Breksi

Spot Foto Menarik Di Tempat Wisata Tebing Breksi
Source : superadventure.co.id
 Lokasi : Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : 24 Jam
 Harga Tiket masuk : Seikhlasnya Parkir motor Rp2.000, Mobil Rp5.000.

Indahnya paronama alam yang ada di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Apalagi bagi mereka yang mempunyai jiwa kreatif dan berseni tinggi tentu bisa melihat kesempatan yang ada.

Salah satu tempat wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini sedang menjadi salah satu primadona untuk para wisatawan. Baik wisatawan yang berasal dari sekitar Jogja seperti Klaten, Mojokerto bahkan dari berbagai daerah sekitar ibu kota Jakarta.


Tempat wisata ini bernama Tebing Breksi. Sebenarnya taman Tebing Breksi ini adalah bekas tambang yang disulap oleh masyarakat sekitar. Hal ini tentu bisa menjadi bukti dan contoh bahwa di lingkungan bekas tambang yang tadinya terbengkalai dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik jika dikelola dengan baik.

Walaupun latar belakang tempat wisata ini sempat viral karena larangan pemerintah. Ketika menjadikan tempat penambangan batu kapur oleh warga sekitar sebagai salah satu penyambung hidup.

Namun nyatanya hal ini tidak menyurutkan semangat dari para seniman dan juga masyarakat sekitar untuk menyelamatkan tebing ini sebagai ladang penghasilan baru. Dengan menyulap bukit kapur ini menjadi tempat wisata.


Spot Foto Menarik Taman Tebing Breksi


Setelah diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono ke X yang menjadi Gubernur di Yogyakarta. Tepatnya pada 30 mei 2015 lalu bersama dengan peresmian Tlatar Seneng. Menjadikan peta wisata di Jogja saat ini semakin luas.

Di tempat ini pori-pori tebing kapur yang jika dilihat dari dekat seperti pipi yang berjerawat. Disulap menjadi sangat artistik dengan berbagai macam ukiran di berbagai bagian tebing. Berbagai macam ukiran yang ada di tempat ini sangat menjadi spot foto favorit bagi para pengunjung baik pria maupun wanita.

Spot foto tersebut adalah ukiran wayang dan juga ukiran naga. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat untuk foto prewedding karena mempunyai kesan dramatis dan juga romantis. Selain itu, pose-pose kocak para pengunjung juga bisa didapatkan di sini.

Jangan lupa anda harus membawa powerbank supaya saat foto di tempat ini lebih leluasa. Di tempat wisata ini juga sudah dibuat undakan anak tangga jika anda ingin menikmati suasana sunset atau sunrise.

Juga menikmati panorama kota Jogja yang mempesona. Supaya perjalanan ke atas lebih ringan, maka dibuatlah tangga berundak ini. Tetapi jika ingin perjalanan yang lebih menantang, anda dapat mencoba bermain panjat tebing atau sepeda gunung di tempat ini.

Dari puncak tebing anda dapat menikmati indahnya candi barong, candi prambanan, candi sowijayan dan juga indahnya gunung merapi, serta kemegahan kota Jogja. Agar bisa sampai di atas tebing anda bisa melewati barisan anak tangga dalam jumlah yang banyak.


Lokasi dan Rute Tebing Breksi Jogja


Jika anda sudah sampai di atas bukit, anda bisa melihat genteng genteng bangunan yang berada di kota Jogja namun di sisi lain anda juga bisa menikmati keindahan pagelaran seni budaya di Tlatar Seneng.

Tlatar Seneng ini berbentuk lingkaran yang memiliki diameter sekitar 15 m. Sehingga seolah menjadikannya panggung seperti arena gladiator yang ada di Roma. Tempat wisata tebing breksi ini cocok sekali bagi traveler yang suka petualangan.

Karena di dalam lokasi wisata ini ada bagian-bagian menarik bagi yang mempunyai jiwa petualang. Seperti panjat tebing, bermain sepeda gunung dan tempat untuk spot fotografi seperti yang sudah dijelaskan tadi.


Lokasi tempat wisata Tebing Breksi ini sebenarnya jaraknya tidak jauh dari Candi Ijo. Tepatnya berada di dusun Groyokan, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Sementara itu, rute untuk menuju ke tempat wisata ini juga tidak sulit dijangkau bagi para pengunjung.

Sebab lokasinya berada di jalur utama Prambanan-Piyungan, sekitar 1 km sebelum arah menuju ke Candi Ijo. Bila anda mulai dari arah Jogja, maka anda dapat menuju arah Candi Prambanan. Kemudian sesampainya di pertigaan pasar Prambanan anda dapat mengambil arah kanan.

Kemudian dari lokasi ini sekitar 3 km menuju lokasi Tebing Breksi. Anda bisa mencari petunjuk arah menuju Candi Ijo, kemudian ambil kiri arah pertigaan sebelum SD Sambirejo. Dari pertigaan ini anda harus menempuh perjalanan sekitar 1 km dengan kondisi jalan yang kurang mulus.


Peta Lokasi





Harga Tiket Masuk


Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini anda tidak perlu repot-repot untuk bernegosiasi mengenai harga tiket masuk untuk rombongan. Sebab disini biaya masuknya seikhlasnya alias sukarela dari para pengunjung untuk meningkatkan fasilitas yang ada.

Di samping itu, biaya parkirnya juga cukup murah yaitu Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil tempat wisata Tebing Breksi ini buka setiap hari mulai pukul 5 pagi jika ingin melihat indahnya sunrise dan pukul 6 sore selepas sunset.

Jika anda datang pada waktu sore hari, pastinya anda akan memiliki kesempatan untuk bisa menikmati indahnya panorama matahari tenggelam atau yang disebut sunset. Ada dua waktu terbaik yang bisa anda manfaatkan untuk berkunjung ke tempat wisata ini yaitu pada waktu pagi dan sore hari.

Sebab ketika anda datang pada waktu siang hari anda tentu akan merasa teriknya panas sinar matahari. Karena tebing ini berada di alam terbuka tanpa adanya pepohonan rindang di atas tebing.

Dengan demikian, jika anda datang ke tempat ini saat siang hari anda harus mempersiapkan payung atau krim agar kulit anda terlindung dari sengatan matahari. Anda tak perlu khawatir soal fasilitas yang disediakan di Tebing Breksi ini.

Meskipun masih sangat sederhana, karena hanya dibekali fasilitas berupa area parkir, lokasi off-road, Tlatar pertunjukan dan toilet. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pihak pengelola akan melakukan berbagai macam pengembangan dan melengkapi fasilitas yang lain di tempat wisata ini.


Galeri Foto

Tebing Breksi
Photo by IG : @rommydhano
Tebing Breksi
Photo by IG : @isti.93
Tebing Breksi
Photo by IG : @isti.93
Tebing Breksi
Photo by IG : @fahruphoto

Video 


0 komentar

Posting Komentar