Sabtu, 12 Januari 2019

Istana Kadriah, Peninggalan Kesultanan Pontianak yang Bersejarah

Istana Kadriah, Peninggalan Kesultanan Pontianak yang Bersejarah

Istana Kadriah, Peninggalan Kesultanan Pontianak yang Bersejarah
Foto : situsbudaya.id
 Lokasi : Jalan Tanjung Raya No. 1, Dalam Bugis, Pontianak Timur, Pontianak, Kalimantan Barat
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : 10.00–18.00 WIB
 Harga Tiket masuk : Gratis


Daya Tarik Istana Kadriah

Istana Kadriah adalah bangunan keraton yang menjadi peninggalan Kesultanan Pontianak. Tempat wisata yang juga dikenal sebagai Keraton Kadriah ini didirikan pada tahun 1771 M oleh sultan pertama Kesultanan Pontianak, Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie. Istana ini memiliki luas 60x25 meter dengan bahan pembuatan dari kayu belian atau kayu besi. Kayu tersebut merupakan jenis kayu khas Kalimantan yang terkenal akan kekuatannya.

Tak hanya menikmati kemegahan arsitektur Keraton Kadriah saja, anda juga bisa menemukan banyak benda bersejarah yang tersebar di setiap sudutnya. Di halaman depan Keraton Kadriah yang didominasi dengan warna kuning, anda bisa menemukan meriam kuno yang menjadi peninggalan Jepang dan Portugis. Pada bagian ini, anda juga bisa menikmati anjungan. Anjungan itu sendiri adalah sebutan ruangan yang didirikan menjorok ke arah depan. Mulanya, bangunan ini adalah ruangan yang dipakai sultan untuk istirahat. Dari anjungan ini, anda bisa menikmati keindahan panorama Sungai Kapuas dan Sungai Landak.

Beralih ke bagian dalamnya, anda bisa melihat singgasana sultan dan berbagai koleksi pribadi seperti pakaian, foto hingga Al-Qur’an yang ditulisnya sendiri. Selain itu, tempat wisata Keraton Kadriah juga menyimpan bagian menarik lainnya, yakni berupa cermin seribu bayangan yang unik. Apabila anda bercermin di depannya, maka bayangan anda akan tampak berjumlah ratusan ke belakang.

Berjarak sekitar 200 meter di sisi barat istana, ada Masjid Jami’ Sultan Abdurrahman. Selain itu, ada juga Istana Amantubillah yang berlokasi di Kelurahan Pulau Pedalaman, Mempawah Timur, Pontianak. Istana ini adalah istana dari Kesultanan Menpawah. Setelah puas berkeliling kawasan wisata Keraton Kadriah, anda bisa kunjungi tempat wisata terdekatnya tersebut.


Lokasi

Tempat wisata Istana Kadriah berlokasi di Pontianak Timur, Pontianak, Kalimantan Barat, tepatnya di Jalan Tanjung Raya No. 1, Dalam Bugis. Tempat wisata ini berada tepat di persimpangan sungai, yaitu Sungai Kapuas Kecil, Sungai Landak dan Sungai Kapuas.


Peta Lokasi



Harga Tiket Masuk

Bagi anda yang ingin mengunjungi Keraton Kadriah, anda tak perlu menyiapkan budget lebih. Hal ini dikarenakan tempat wisata Keraton Kadriah tidak memberlakukan tiket masuk alias gratis. Bahkan Keraton Kadriah bisa anda kunjungi kapanpun itu sebab buka selama 24 jam setiap harinya. Oleh karena itu, pastikan anda mengajak semua anggota keluarga, sahabat, maupun rekan kerja untuk mengunjungi Keraton Kadriah ini.


Saran

Ketika anda mengunjungi Istana Kadriah, pastikan anda mengunjungi setiap sudutnya. Hal ini dikarenakan semua bagian Keraton Kadriah menyimpan keunikan dan daya tarik tersendiri. Mulai dari halaman depan, belakang, samping hingga interior di dalamnya. Dengan begitu, liburan anda akan terkesan komplit, puas, dan menyenangkan.


Video

Video : FACE WORLD

Bagaimana Reaksi mu ?

Istana Kadriah, Peninggalan Kesultanan Pontianak yang Bersejarah
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.