Taman Sari Jogja, Wisata Bersejarah yang Instagrammable

Source : superadventure.co.id
 Lokasi : Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : 09.00–15.00 WIB
 Harga Tiket masuk : Rp. 5.000,-


Taman Sari


Jogja termasuk salah satu kota besar di Indonesia yang kaya akan objek wisata. Di Jogja, anda memang bisa dengan mudah menemukan berbagai destinasi wisata, salah satunya Taman Sari.

Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat musim liburan dan akhir pekan. Tak mengherankan karena tempat ini menyuguhkan berbagai peninggalan bersejarah yang unik dan instagrammable. Siapa saja pastinya ingin mengunjungi tempat ini.


Sejarah


Taman Sari dibangun pada tahun 1758 sampai dengan 1765. Wisata yang juga memiliki julukan The Fragrant Garden ini secara efektif difungsikan sebagai aset kesultanan sejak tahun 1765 hingga 1812.

Semua biaya pembangunan wisata ini ditanggung oleh Tumenggung Prawirosentiko, yang mana berprofesi sebagai Bupati Madiun. Dikarenakan partisipasinya tersebut, penduduk Madiun dibebaskan dari keharusan bayar pajak sebagai bentuk imbalannya.

Beralih ke konsep arsitekturnya yang unik, pembangunan wisata ini dirancang oleh arsitek berkebangsaan Portugis, yakni Demang Tegis. Mulanya, proses pembangunan wisata ini dipimpin oleh Tumenggung Mangundipuro.

Hanya saja, di tengah proses pembangunan, Tumenggung Mangundipuro mengundurkan diri dikarenakan suatu hal. Proses pembangunan tempat wisata ini pun dilanjutkan bersama Pangeran Notokusumo sebagai pemimpinnya.


Daya Tarik


Taman Sari sebenarnya adalah bekas kebun Istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang difungsikan sebagai destinasi wisata. Kebun dengan luas lebih dari 10 hektar ini dibangun saat masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I.

Di tempat wisata ini, keluarga raja masih sering menggunakannya sebagai tempat ritual. Bangunan bersejarah yang dirancang dengan arsitektur ala Portugis-Jawa ini sendiri memiliki 57 bangunan.

Adapun beberapa diantaranya yaitu kolam pemandian, kanal air, jembatan gantung, danau buatan, gedung, lorong bawah air, pulau buatan dan masih banyak lainnya.Perlu untuk anda ketahui bahwa Taman Sari juga dikenal dengan julukan Istana Air Jogja.

Hal ini dikarenakan tempat wisata ini lebih mengutamakan bagian pemandiannya. Di dalam tempat wisata ini juga terdapat tembok masjid taman dengan ketebalan hingga 125 cm. Tak mengherankan karena selain digunakan sebagai tempat wisata.

Taman Sari dulunya juga berfungsi sebagai benteng pertahanan. Anda memang akan mendapatkan kesan liburan yang berbeda ketika menyambangi wisata ini.


Kegiatan Wisata


Ada banyak kegiatan wisata yang bisa anda lakukan ketika mengunjungi Taman Sari. Adapun beberapa kegiatan wisata tersebut diantaranya yaitu mengunjungi Pemandian Umbul Pasiraman (Umbul Binangun), menyaksikan sunset di Pulo Kenongo, Masjid Bawah Air, Pulo Cemethi, Gedhong Gapura Panggung, Gedhong Sekawan, Gedhong Temanten, Sumur Gumuling dan masih banyak lainnya. Dijamin anda akan merasa betah atau bahkan ketagihan untuk mengunjungi Taman Sari kembali.


Fasilitas


Taman Sari telah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang memadai sehingga liburan anda akan terasa lebih menyenangkan. Adapun fasilitas yang ada di tempat wisata ini diantaranya yaitu area parkir yang luas, hotel, restoran, warung makan, toko cinderamata, toilet, pemandu wisata dan masih banyak lainnya.

Dengan fasilitas yang lengkap, maka anda tak perlu khawatir apabila anda ingin menikmati liburan di kawasan Taman Sari selama beberapa hari. Anda bisa menginap di hotel yang lokasinya dekat dengan kawasan wisata ini.


Lokasi dan Rute


Anda bisa menemukan Taman Sari di Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, lebih tepatnya di Jalan Tamanan, Patehan. Untuk menuju lokasi Taman Sari, anda bisa memulainya dari Jalan Malioboro Jogja dan langsung menuju ke arah selatan lewat Titik Nol Kilometer dan Kantor Pos. Setelah itu, anda bisa menuju selatan ke alun-alun Utara Keraton. Kemudian anda belok kanan menuju Jalan Ngasem, anda lurus saja sampai bertemu dengan Pasar Ngasem.

Dari tempat ini, anda belok saja ke kiri menuju Jalan Tamanan. Ikuti jalannya sampai anda menemukan tembok benteng putih. Anda pun bisa langsung menuju pintu masuk Taman Sari. Sebenarnya masih ada rute lain yang bisa anda lalui untuk menuju lokasi Taman Sari.

Adapun rute perjalanan tersebut dimulai dari pusat Alun-alun selatan. Dari tempat ini, anda bisa langsung menuju ke arah barat melewati Jalan Patehan Lor. Setelah itu, anda bisa langsung menemukan Jalan Tamanan.

Anda hanya perlu mengikuti jalan ini sampai anda menemukan Gerbang Taman Sari Jogjakarta. Anda sudah tiba di kawasan wisata Taman Sari. Liburan anda akan terasa lebih menyenangkan apabila mengajak sahabat, keluarga, maupun pasangan.


Peta Lokasi





Harga Tiket Masuk


Untuk memasuki kawasan tempat wisata Taman Sari, anda harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Untuk wisatawan lokal dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang. Sementara untuk wisatawan mancanegara, harga tiket masuknya sebesar Rp. 7.000 per orang.

Bagi anda yang ingin memanfaatkan kamera, anda harus membayar tiket masuk tambahan sebesar Rp. 2.000. Supaya liburan anda di tempat wisata ini bisa terasa lebih berkesan, ada baiknya anda menggunakan jasa tour guide yang tarifnya hanya Rp. 25.000.

Harga tiket masuk wisata ini memang terjangkau. Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin mengunjungi wisata instagrammable dan bersejarah dengan budget terbatas, anda sangat disarankan untuk menyambangi wisata Jogja yang satu ini.


Tips Wisata


Supaya liburan anda di Taman Sari bisa lebih puas, ada baiknya anda berkunjung sejak pagi. Hal ini dikarenakan tempat wisata ini hanya buka dari jam 9 pagi sampai dengan jam 3 sore.

Saat mengunjungi Taman Sari, pastikan anda juga membawa powerbank. Dengan begitu, anda bisa memanfaatkan kamera smartphone secara optimal untuk mengabadikan momen liburan.


Galeri Foto

Taman Sari Jogja
Photo by IG : @shr.ins
Taman Sari Jogja
Photo by IG : @endra.wijiarto
Taman Sari Jogja
Photo by IG : @nia7o
Taman Sari Jogja
Photo by IG : @fonisuhartiniii
Taman Sari Jogja
Photo by IG : @bindraprasetyo

Video 



0 komentar

Posting Komentar