Menilik Pesona Wahana Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Menilik Pesona Wahana Wisata Taman Pintar Yogyakarta
Photo by IG : @aldora_bahari
 Lokasi : Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : 09.00-16.00 WIB
 Harga Tiket masuk : Rp10.000 (anak-anak) Rp18.000 (dewasa)

Wahana wisata Taman Pintar Yogyakarta adalah sebuah wahana bermain dan juga sekaligus untuk belajar anak-anak. Tempat wisata ini disediakan oleh pemerintah kota Yogyakarta dalam menyediakan sarana pembelajaran sains untuk siswa yang mendukung kurikulum pendidikan.

Memotivasi anak serta generasi muda agar cinta terhadap sains. Menyediakan berbagai macam wahana permainan yang bukan cuma mendidik, tetapi juga bisa membuat anak-anak merasa senang.


Taman pintar dapat dinikmati oleh anak-anak, mulai dari anak-anak yang belum sekolah sampai dengan anak-anak usia sekolah menengah.

Mereka dapat memperluas serta memperdalam pelajaran sekolah lewat pengamatan langsung. Bisa dibilang secara sederhana, tempat wisata yang bernama Taman Pintar Jogja ini merupakan laboratorium di dalam kemasan rekreasi yang unik dan menarik.


Daya Tarik Taman Pintar


Tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri di mata masyarakat. Sehingga tak heran jika taman pintar menjadi sebuah tempat wisata di Jogja yang saat ini paling banyak dikunjungi.

Di samping menjadi sarana rekreasi sambil belajar. Di Taman Pintar ini anda juga bisa menikmati berbagai macam zona unik yang menjadi daya tarik tersendiri dari wisata edukasi ini.

1. Zona playground

Di dalam zona playground ini merupakan zona di mana sebagai tempat penyambutan para wisatawan yang baru masuk ke area Taman Pintar. Area unik yang satu ini cocok sekali bagi anda yang sedang berwisata bersama dengan anak-anak. Disini sudah disediakan berbagai wahana permainan dan juga alat peraga yang dapat diakses gratis.

Anda juga bisa berkeliling di zona playground ini. Disamping banyak wahana permainan anak, ada juga tempat lokasi menarik di sekitar zona ini. Seperti taman air menari, ini adalah lokasi air mancur yang dapat dipakai sebagai tempat bermain air untuk anak-anak.

2. Gedung paud area barat dan timur

Jika anda sudah puas berkeliling di zona playground, maka anda dapat meneruskan wisata di Taman Pintar dengan menuju ke gedung paud barat dan timur. Tempat ini cocok sekali bagi anak-anak TK dan juga paud. Tempat ini berisi berbagai macam permainan edukasi dan juga alat peraga yang dapat menambah pengetahuan anak-anak.

Adapun berbagai macam permainan edukatif di gedung paud barat diantaranya adalah ruang profesi, perpustakaan, sains dan teknologi dan juga religi serta budaya. Sementara untuk gedung paud timur berisi ruang petualangan ruang pertunjukan, flora dan fauna, serta komputer kids dan puzzle.

3. Gedung memorabilia

Gedung ini berisi berbagai macam informasi mengenai pengetahuan sejarah kesultanan dan juga berbagai tokoh sejarah. Tokoh tersebut meliputi tokoh presiden RI, tokoh pendidikan, pahlawan nasional dan berbagai tokoh lainnya.

Di dalam gedung ini memiliki 3 zona yaitu tokoh pendidikan, sejarah kesultanan keraton dan kepustakaan kepresidenan.

4. Gedung Oval-Kotak

Di dalam gedung oval kotak ini lebih banyak menampilkan sejenis wisata edukasi sains yang begitu menyenangkan. Di dalam gedung ini terdapat 2 gedung, yang pertama adalah gedung kotak yang terdiri atas delapan zona.

Zona yang berada di gedung kotak ini diantaranya adalah zona keris, pengolah, batik, planningcity, candi borobudur, air dan lainnya. Sementara gedung kedua adalah gedung oval yang terdiri dari 12 zona. Di dalam zona ini meliputi cuaca, iklim dan gempa, TV trainer, nuklir, terowongan ilusi dan berbagai zona lainnya yang seru.

5. Planetarium

Salah satu zona unik lain yang berada di taman pintar adalah planetarium. Di dalam zona ini para pengunjung disuguhi informasi pengetahuan mengenai antariksa dan juga tata surya.

Yang lebih istimewa dari zona ini adalah pemakaian proyektor digital. Dengan demikian, para pengunjung seolah akan menyaksikan secara langsung benda-benda langit yang ada di antariksa.

Bukan itu saja, di dalam zona ini juga ada program kreativitas untuk para pengunjung. Seperti kreasi batik, lukis kaos, lukis gerabah, presenter TV dan lain sebagainya.


Lokasi Tempat Wisata Taman Pintar


Bagi anda yang belum tahu dimana lokasi dari tempat wisata edukasi Taman Pintar ini. Maka lokasinya sangat mudah untuk ditemukan.

Taman Pintar Jogja berada di depan Bank Indonesia atau kurang lebih 200 meter, sebelah timur perempatan jalan Malioboro. Alamat lengkapnya berada di jalan Panembahan Senopati, nomor 1-3 Yogyakarta.


Peta Lokasi





Harga Tiket Masuk


Untuk bisa masuk ke area tempat wisata edukatif ini, harga tiket masuknya untuk perorangan adalah Rp10.000 untuk anak-anak. Sementara untuk orang dewasa sebesar Rp18.000.

Harga ini belum termasuk tiket untuk menikmati berbagai macam wahana permainan yang terdapat di dalamnya.


Jam Buka


Tempat wisata ini dibuka mulai hari Selasa sampai dengan hari Minggu. Khusus hari Senin libur kecuali bila bertepatan dengan libur nasional. Taman Pintar ini buka pada pukul 09.00 WIB dan tutup pada pukul 16.00 WIB.


Rute Menuju Taman Pintar


Jika anda ingin datang ke tempat wisata edukatif di kota Jogja tapi belum tahu tempat dan rutenya, maka caranya sangat mudah. Jika anda datang dari jalan Malioboro dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Selain jaraknya cuma sekitar 400 m. Sepanjang jalan yang dilewati juga memiliki banyak objek wisata menarik yang dapat dikunjungi. Di tengah perjalanan antara Malioboro dan juga taman pintar ada bangunan kuno bersejarah yaitu titik 0 KM Jogja dan Benteng Vredeburg.

Di antara benteng menuju tempat wisata ini juga ada banyak sekali pemandangan unik yang dapat dilihat. Seperti pedagang cenderamata yang menjual souvenir, majalah dan lukisan di sepanjang trotoar menuju tempat wisata Taman Pintar.


Galeri Foto

Taman Pintar Jogja
Photo by IG : @mrgudkampunginggris
Taman Pintar Jogja
Photo by IG : @umi020882
Taman Pintar Jogja
Photo by IG : @gerald.eik.huang
Taman Pintar Jogja
Photo by IG : @liayuliah


Video



0 komentar

Posting Komentar