Pesona Air Terjun Bananggar Niagaranya Kalimantan Barat

foto : kampongwisatakite.blogspot.com
 Lokasi : Dusun Pebua, Merayu, Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : Pagi-Sore
 Harga Tiket masuk : Gratis


Air Terjun Bananggar


Air terjun Bananggar sering juga disebut dengan air terjun Mananggar, atau Melanggar. Ini adalah salah satu air terjun yang keindahannya tidak kalah dari air terjun Niagara. Tapi air terjun ini berada di Borneo, Kalimantan Barat.

Air terjun ini adalah patahan sungai landak yang ada di hulu sungai landak. Keindahan alam yang ada di sekitar air terjun Bananggar ini menghadirkan nuansa yang indah dan sejuk.


Serta mempunyai fasilitas wisata air yang sangat menantang. Sehingga tak heran jika tempat ini menjadi salah satu lokasi wisata yang cocok untuk dikunjungi karena mempunyai panorama alam yang unik.


Pesona Air Terjun Mananggar


Ketinggian air terjun Mananggar atau Bananggar ini sekitar 60 meter dengan lebar lebih dari 60 meter. Sehingga dapat menyajikan pesona alam yang begitu indah. Akses untuk menuju ke dasar air terjun cukup sulit, jalannya hanyalah jalan setapak yang tertutup dengan belukar.

Dengan begitu, wisatawan akan lebih senang untuk menikmati pesona air terjun ini dari atas. Sementara bagi anda yang ingin menikmati keindahannya, anda harus mempunyai kesabaran untuk melintasi perjalanan panjang, jauh dan juga berliku.

Uniknya, air terjun ini memiliki danau yang cukup lebar di bawah yang bentuknya bulat dan bisa dipakai untuk berenang, mandi dan memancing ikan atau udang.

Sementara di bagian kiri atas ada tempat untuk memohon rezeki kepada tuhan. Kegiatan ini sudah dilakukan ratusan tahun hingga sekarang. Sementara itu, di atas terdapat gunung Pejapa yang memiliki ketinggian 1.019 meter.

Gunung ini mengelilingi air terjun sekeliling lokasi juga masih terlindung dengan hutan basah yang lebat, khas Kalimantan. Di seberang sungai ada juga gua Sanjan yang memiliki air terjun kecil dan aliran sungai kecil.


Lokasi Air Terjun Bananggar


Lokasi dari tempat wisata air terjun ini tepatnya berada di dusun Pebua, Desa Merayu, Kecamatan Air Besar, Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

Lokasi air terjun ini berada di hulu sungai landak yang jaraknya sekitar 290 km timur laut Pontianak, ibukota Kalimantan Barat. Banyak yang bilang bahwa air terjun mananggar atau yang sering disebut dengan bananggar ini adalah Niagaranya Borneo Kalimantan Barat.


Peta Lokasi





Jam Operasional


Tempat wisata ini buka setiap hari untuk masyarakat umum, meskipun tidak memiliki jam buka pada umumnya anda tak perlu khawatir. Karena jika anda ingin berfoto dengan view yang bagus, sebaiknya anda datang pada waktu pagi.

Karena embun di pegunungan masih terlihat. Selain itu, pada sore hari menjelang senja anda juga bisa menikmati keindahan cahaya yang indah di sekitar air terjun Mananggar atau Bananggar ini.


Tiket Masuk


Jika anda bertanya soal tiket masuk anda tak perlu khawatir karena anda tak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk. Tempat wisata ini tidak menerapkan tiket masuk untuk akses ke dalamnya.

Jika anda sedang berlibur ke Kalimantan Barat, maka anda bisa mampir untuk berkunjung ke air terjun Mananggar yang ada di di kabupaten Landak ini.

Disini anda bisa menikmati keindahan alam yang begitu menakjubkan dengan udaranya yang sejuk dan segar, serta panorama alami yang menyegarkan mata.


Video Air Terjun Bananggar



video : Bombastic Borneo

0 komentar

Posting Komentar