4 Tempat Pasar Ramadhan Jogja yang Paling Favorit

foto : bonvoyagejogja.com
Pasar Ramadhan merupakan suatu pasar yang pada umumnya hanya ada atau hanya buka di bulan suci ramadhan. Bagi Anda yang sedang berada di wilayah Yogyakarta, ada juga beberapa pasar ramadhan Jogja yang sangat terkenal dan selalu ramai oleh para pengunjung.

Selain terkenal dengan keistimewaannya, instansi pendidikannya yang begitu banyak dan berkualitas, serta banyaknya tempat wisata yang sangat mempesona, ternyata wisata kuliner di Jogja juga tidak kalah menarik. Terlebih lagi ketika bulan ramadhan, maka akan banyak pasar ramadhan yang dibuka dan dibanjiri oleh masyarakat.

Pasar ramadhan seperti ini juga sudah banyak dibuka di berbagai daerah di Indonesia. Berbagai aneka takjil, aneka minuamn, makanan tradisional, beragam lauk pauk, hingga beraneka sayur. Selain banyak sekali aneka dagangan yang ditawarkan, harga berbagai makanan dan minuman di pasar ramdhan terkenal sangat murah.


Oleh karena itulah, pasar ramadhan selalu ramai dibanjiri oleh masyarakat yang berburu takjil untuk berbuka puasa. Kota Jogja juga terkenal dengan olahan makanan yang manis-manis, sehingga aneka makanan yang ditawarkan di pasar ramadhan Jogja, sebagian besar didominasi oleh makanan yang manis.

Ketika bulan ramadhan, makanan manis seperti ini akan sangat cocok untuk meningkatkan kembali energi yang telah terkuras setelah seharian melakukan aktivitas. Namun tenang saja, bagi Anda yang gemar makanan yang gurih, pedas, atau variasi lainnya, di pasar ramadhan Jogja, pasti semuanya tersedia.

Di Kota Jogja, terdapat beberapa pasar ramadhan yang menjadi favorit masayarakat. Ketika menjelang sore, pasar ramadhan telah buka dan segera dipenuhi oleh masyarakat. Berikut ini beberapa pasar ramadhan Jogja yang paling terkenal dan favorit di kalangan masyarakat:

1. Pasar Ramadhan Jogokariyan yang Selalu Ramai
instagram : @foodies.jogja
Salah satu pasar ramadhan Jogja adalah pasar ramadhan Jogokaryan yang bisa Anda jumpai di sepanjang Jalan Jogokaryan, Yogyakarta. Pasar ramadhan Jogokaryan ini menjajakan berbagai jenis minuman yang sangat pas untuk melepas dahaga dan mengawali buka puasa di bulan ramadhan.

Selain itu, pasar Jogokaryan ini juga menyediakan berbagai jenis kue yang bisa digunakan sebagai persiapan hari raya. Tidak hanya itu, di pasar jogokaryan Anda juga akan bisa menemukan berbagai mukena, sarung, atau berbagai pakaian muslim lain yang sangat pas untuk dijadikan persiapan menjelang hari raya idul fitri.

Pasar ramadhan jogokaryan merupakan bagian dari program Kampung Ramadhan Masjid Jogokaryan. Semenjak dibuka beberapa tahun yang lalu, pasar ramdahan Jogokaryan ini selalu diramaikan oleh masyarakat yang hendak mencari takjil dan lauk pauk untuk berbuka puasa.

Di pasar ini terdapat sekitar 300 pedagang kaki lima yang siap menjajakan barang dagangannya menggunakan meja yang disediakan oleh panitia pelaksana. Pasar yang satu ini sudah mulai buka setelah ashar sampai dengan maghrib.

Jadi bagi kamu yang ingin berbelanja takjil di pasar ini, Anda harus datang lebih awal agar berbagai jenis makanan masih banyak tersedia.
 Pasar Ramadhan Jogja  : Pasar Ramadhan Jogokaryan
 Jam buka                 : 15.00 – 18.00 WIB
 Koordinat Pasar Jogokaryan : Klik di sini 

2. Pasar Ramadhan Kauman yang Legendaris
instagram : @wandraprima
Sebagaimana namanya, pasar ramdhan jogja yang satu ini terletak di Kampung Kauman dan berdekatan dengan Masjid Gedhe Kauman. Pasar ramadhan ini juga hanya buka ketika bulan ramadhan saja dengan menyediakan berbagai aneka minuman dan minuman yang sangat pas untuk menu takjil.

Selah satu keunikan dari pasar ramadhan jogja yang satu ini adalah lokasinya yang berada di suatu lorong gang yang lebarnya sekitar 2 meter saja. Belum lagi ditambah dengan deretan meja dari para pedagang, sehingga ruang yang tersisa untuk jalan para pembeli menjadi lebih sempit lagi.

Meskipun demikian, pasar ramadhan ini sangatlah legendaris dan selalu diramaikan oleh masyarakat ketika bulan ramadhan telah tiba. Aneka minuman segar, makanan tradisional khas Jogja seperti jadah, clorot, sarang gesing, lemper, bubur saren, kicak, klepon, apem, dan masih banyak lagi tersedia di pasar ramadhan Kauman ini.

Harga yang dibanderol oleh para penjual di pasar ini pun juga sangat terjangkau. Anda bisa mengunjungi dan berbelanja menu takjil di pasar ini sejak ba’da ashar hingga waktu maghrib.
 Pasar Ramadhan Jogja  : Pasar Ramadhan Kauman
 Jam buka    : 15.00 – 18.00 WIB
 Koordinat    : Klik di sini

3. Pasar Ramadhan Jogja di Jalur Gaza (Jajanan, Lauk, Sayur, Gubuk Ashar Zerba Ada)
Pasar Ramadhan Jogja di Jalur Gaza (Jajanan, Lauk, Sayur, Gubuk Ashar Zerba Ada)
foto : tagar.id
Ada salah satu pasar ramadhan Jogja yang memiliki nama unik dan wajib Anda coba ketika berkunjung atau mudik ke Jogja di bulan Ramadhan.

Pasar ini dinamakan dengan Pasar Sore Ramadhan Jalur Gaza. Berbeda dengan Jalur Gaza yang ada di Palestina, Jalur Gaza di Jogja ini merupakan singkatan dari Jajanan, Lauk, Sayur, Gubuk Ashar Zerba Ada.

Sebagaimana pasar ramadhan pada umumnya, di Jalur Gaza tersedia berbagai jenis minuman segar, jajanan, hingga lauk pauk sebagai menu buka puasa. Pasar ramadhan ini terletak di sepanjang trotoar Jalan Sorogenen, Yogyakarta.

Sejak pukul 16.00 WIB, pasar ramadhan ini siap diserbu oleh masyarakat yang ingin berbelanja takjil. Selain itu, suasana di Jalur Gaza menjadi semakin meriah karena adanya penampilan live music yang dibawakan oleh masyarakat setempat.

Anda semakin tertarik untuk berkunjung ke Jalur Gaza ala Pasar Ramadhan Yogyakarta ini?
 Pasar Ramadhan Jogja  : Pasar Ramadhan Jalur Gaza
 Jam buka    : 16.00 – 18.00 WIB
 Koordinat    : Klik di sini

4. Pasar Ramadhan Lembah UGM dengan Menu Takjil Modern
instagram : @cocolime.id
Siapa yang tidak tahu UGM? Hampir setiap orang tahu universitas ternama di Yogyakarta bahkan di Indonesia ini. Di kawasan kampus UGM, lebih tepatnya di lembah UGM, terdapat pasar ramadhan yang selalu padat dan ramai oleh masyarakat sekitar dan mahasiswa-mahasiswi di Jogja.

Aneka minuman dan makanan tersedia di pasar ramadhan lembah UGM ini. Mulai dari makanan kecil tradisional, hingga menu makanan yang kekinian favorit generasi millenial, bisa Anda temukan di pasar ramadhan yang satu ini.

Area pasar ramadhan Lembah UGM terbagi menjadi dua, yaitu Jalan Notonegoro dan Jalan Olahraga. Meskipun ada dua bagian, keduanya selalu padat oleh pengunjung. Dengan harga yang begitu terjangkau, Anda bisa berbelanja takjil untuk buka bersama sembari ngabuburit di lembah UGM.
 Pasar Ramadhan Jogja  : Pasar Ramadhan Lembah UGM
 Jam buka    : 15.00 – 18.00 WIB
 Koordinat    : Klik di sini
Yogyakarta memang menjadi kota yang istimewa di Indonesia. Rakyatnya yang begitu ramah tamah, ditambah dengan suasananya yang begitu syahdu, menjadikan Kota Jogja selalu ramai oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Bagi Anda yang ingin berburu menu takjil sekaligus ngabuburit di Kota Jogja, 4 pasar ramadhan Jogja di atas bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda.

0 komentar

Posting Komentar