5 Pusat Oleh-Oleh Jogja yang Paling Recommended, Murah, dan Berkualitas

4 Pusat Oleh-Oleh Jogja yang Paling Recommended, Murah, dan Berkualitas
instagram : @siunclelain
Tidak lengkap apabila liburan atau berpergian tanpa membawa oleh-oleh khas tempat tujuan. Apalagi jika Anda berkunjung ke Kota Yogyakarta yang begitu istimewa, maka Anda wajib membawa oleh-oleh untuk keluarga, kerabat, dan teman-teman Anda.

Di Kota Jogja, Anda bisa memilih berbagai oleh-oleh khas mulai dari makanan tradisional khas Jogja, aksesoris, maupun barang-barang khas lainnya. Terdapat sejumlah pusat oleh-oleh Jogja yang memiliki berbagai jenis oleh-oleh yang berkualitas dan harga yang cukup terjangkau.


Kota Jogja merupakan salah satu kota tua bersejarah yang begitu istimewa dengan otonomi daerahnya serta budaya Jawanya yang masih sangat kental. Dengan demikian, sangat banyak barang-barang dan makanan khas Jogja yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Beberapa oleh-oleh khas Jogja yang sering diburu oleh wisatawan di antaranya adalah tiwul, gatot, bakpia, batik, berbagai aksesoris, serta masih banyak lagi lainnya.

Pusat Oleh-Oleh Jogja yang Paling Recommended bagi Wisatawan
Untuk pusat oleh-oleh Jogja yang bisa menjadi pilihan utama bagi Anda di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pusat Oleh-Oleh Jogja: Jalan Malioboro
Instagram : @jogjaimages
Siapa yang tidak tahu Malioboro? Seluruh masyarakat Indonesia, bahkan para traveller dunia pasti mengetahui Malioboro. Malioboro merupakan salah satu jalan yang ada di pusat Kota Jogja yang menyajikan berbagai hal tentang Kota Jogja.

Di sepanjang Jalan Malioboro, Anda bisa menemukan berbagai pedagang kaki lima dan toko-toko yang menawarkan berbagai barang khas Jogja. Jalan Malioboro ini terkenal dengan nuansa Jawanya yang masih sangat tinggi.

Banyak pedagang kaki lima yang menjual berbagai barang, sehingga bisa menarik perhatian para pengunjung. Ditambah lagi, masyarakat Kota Jogja terkenal dengan kehangatannya yang menjadikan para pengunjung semakin betah untuk berkunjung dan menghabiskan waktu di Jalan Malioboro.

Sembari mendengarkan live music, para pengunjung pun bisa menikmati berbagai makanan tradisional khas Jogja dengan harga yang terjangkau. Untuk masalah oleh-oleh, Jalan Maliobor rajanya.

Anda bisa mencari berbagai jenis oleh-oleh mulai dari pakaian, aksesoris, karya seni, hingga berbagai makanan tradisional. Anda juga tidak perlu khawatir dengan harganya, sebab, semua dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Anda bisa berkunjung dan berbelanja di Jalan Malioboro setiap saat, karena buka 24 jam. Adapun untuk toko-toko di kawasan ini biasanya buka hingga pukul 20.00 WIB saja.

Jika Anda hendak mencari oleh-oleh, Jalan Malioboro siap membingungkan Anda karena begitu banyak dan bervariasinya oleh-oleh yang tersedia.

2. Pusat Oleh-Oleh Jogja: Kasongan
instagram : wirawan_93
Selain Jalan Malioboro yang begitu legendaris, untuk mencari buah tangan untuk keluarga atau teman-teman Anda, Kasongan juga bisa menjadi pilihan bagi Anda. Kasongan merupakan pusat kerajinan berbagai gerabah dan keramik dengan kualitas dan harga terbaik.

Di pusat oleh-oleh Kasongan ini, Anda bisa memilih berbagai jenis guci, ukiran, hiasan dinding, maupun furniture lain yang terbuat dari gerabah dan keramik. Selain itu, Anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan berbagai produk yang dipasarkan di Kasongan.

Adapun untuk masalah harga, karena langsung dari pusatnya, Anda bisa mendapatkan berbagai barang dengan harga yang terjangkau. Untuk pembelian dalam jumlah yang banyak, Anda juga bisa mendapatkan potongan harga yang sangat menguntungkan.

3. Pusat Oleh-Oleh Jogja: Kerajinan Perak Kotagede
Pusat Oleh-Oleh Jogja: Kerajinan Perak Kotagede
foto : rentalmobilyogyakarta.net
Selain gerabah dan keramik, Anda juga bisa mendapatkan berbagai karya seni yang berbahan dasar perak. Di Jogja, Anda tidak hanya bisa mendapatkan buah tangan berupa makanan khas, aksesoris kecil ataupun pakaian saja, melainkan juga dengan berbagai karya seni dari perak.

Anda bisa menemukannya di Pusat Kerajinan Perak yang terletak di KotaGede, Kota Yogyakarta. Pusat Kerajinan Perak di Kotagede ini menghasilkan berbagai bentuk kerajinan yang terbuat dari perak. Kualitas kerajinan yang dihasilkan di Pusat Kerajinan Perak ini tidak diragukan lagi.

Dengan demikian, buah tangan yang Anda bawa pulang tetap kuat, tahan lama, dan mampu memberikan kenangan yang berharga. Sama seperti di Kasongan, harga kerajinan yang ditawarkan di Pusat Kerajinan Perak ini juga cukup terjangkau, sebab langsung dari pusatnya.

4. Pusat Oleh-Oleh Jogja: Pasar Beringharjo
foto : pintulipatrolling.com
Pusat oleh-oleh Jogja lainnya adalah di Pasar Beringharjo. Pasar ini merupakan salah satu pasar terbesar dan ternama di Kota Jogja. Anda bisa menemukan berbagai barang yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan dengan harga yang cukup terjangkau.

Karena sistemnya pasar, Anda pun juga bisa menawar agar bisa mendapatkan potongan harga. Aneka barang yang disediakan di Pasar Beringharjo di antaranya adalah pakaian batik grosir maupun eceran, berbagai jenis aksesoris, aneka busana, serta perlengkapan rumah tangga lainnya.

Meskipun demikian, Pasar Beringharjo sering disebut sebagai pusatnya batik, sehingga jika Anda datang ke pasar ini, Anda bisa memilih batik yang bervariasi sebagai oleh-oleh Anda.

Pasar Beringharjo beralamat di Jalan Margo Mulyo Nomor 16, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Anda bisa mengunjunginya di jam bukanya yaitu 05.00 – 17.00 WIB dan memilih berbagai perlengkapan yang murah dan berkualitas untuk dijadikan sebagai buah tangan.

5. Pusat Oleh-Oleh Jogja: Bakpia Pathok
Bakpia Pathok 53 Durian
foto : omiyago.com
Selain pakaian batik, kerajinan gerabah atau keramik, kerajinan perak, dan berbagai aksesoris, Anda juga bisa memilih pusat oleh-oleh berupa makanan khas Jogja. Salah satu makanan khas Jogja yang sudah sangat terkenal dan banyak diburu oleh wisatawan domestik maupun mancanegara adalah bakpia.

Dari zaman dulu hingga saat ini, bakpia terus menjadi oleh-oleh khas dari Jogja yang selalu diburu oleh wisatawan. Hal ini menunjukkan bahwa bakpia menjadi salah satu makanan khas Jogja terfavorit dan tidak lekang oleh waktu.

Meskipun banyak makanan lain yang bermunculan, namun bakpia tetap eksis dan menjadi pilihan utama para wisatawan. Salah satu pusat oleh-oleh yang satu ini adalah Bakpia Pathok. Bahkan, nama bakpia yang paling terkenal dan selalu menjadi prioritas dari para wisatawan adalah Bakpia Pathok.

Bakpia Pathok memiliki berbagai varian rasa yang begitu lezat. Terdapat varian rasa keju, varian rasa kacang hijau, varian rasa cokelat, serta varian rasa lainnya. Selain itu, terdapat dua jenis Bakpia Pathok, yakni bakpia kering dan bakpia basah.

Untuk ketahanan bakpia, Anda bisa memilih bakpia kering, sehingga tidak akan cepat bau atau basi. Dengan demikian, meskipun Anda harus melakukan perjalanan jauh, oleh-oleh ini akan tetap aman.

Bagi Anda yang sedang berlibur ke Jogja, atau memiliki rencana untuk melakukannya, Anda bisa mencari oleh-oleh di beberapa pusat oleh-oleh Jogja di atas. Anda bisa memilih berbagai jenis oleh-oleh sesuai dengan yang Anda inginkan dan Anda butuhkan.

Tak jarang, banyak saudara atau teman-teman yang menitipkan uang untuk dibelikan barang-barang khas Jogja. 5 pusat oleh-oleh di atas bisa menjadi pilihan utama bagi Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan oleh-oleh terbaik, berkualitas, dan harga yang cukup terjangkau.

0 komentar

Posting Komentar