Daya Tarik Masjid Raya Singkawang, Kalimantan Barat

Daya Tarik Masjid Raya Singkawang, Kalimantan Barat
foto : tempat.me
 Lokasi : Jalan Masjid, Melayu, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79112, Indonesia
 Google Maps : Klik disini


Masjid Raya Singkawang


Singkawang merupakan sebuah kota yang ada di provinsi Kalimantan Barat. Perlu anda ketahui, jika toleransi beragama disini sangatlah baik. Bahkan bisa dilihat dari tata letak bangunan yang ada di wilayah ini.

Kota ini juga mempunyai sebuah bangunan Masjid Raya yang dibangun pertama kali tahun 1880. Nah, lokasi masjid ini ternyata berdekatan dengan sebuah Klenteng atau Vihara Tri Dharma Bumi Raya. Yang mana merupakan pusat peribadatan Etnit Thionghoa yang ada di Kota Singkawang.


Tradisi toleransi beragama bagi warga kota ini sudah banyak diterapkan, bahkan juga sudah sangat melekat dengan masyarakat. Misalnya saja, pada saat perayaan Cap Go Meh yang begitu meriah yang diadakan oleh pihak Vihara sekarang ini sudah menjadi salah satu atraksi pariwisata andalan kota Singkawang.

Namun kegiatan tersebut akan berhenti sejenak pada saat sudah terdengar suara kumandang adzan yang berasal dari pengeras suara di Masjid Raya Singkawang ini. Ini benar-benar menunjukkan toleransi antara umat beragama.


Lokasi Masjid Raya Singkawang


Untuk anda semua yang ingin mencoba berkunjung ke Masjid Raya Singkawang ini, lokasinya berada di Jalan Masjid, Melayu, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79112, Indonesia.


Peta Lokasi




Daya Tarik Masjid Raya Singkawang


Beragam etnis, suku, sampai dengan agama sudah terjalin begitu indah di Kota Singkawang ini. Bisa kita amati dari Masjid Raya Singkawang yang dibangun oleh orang India yang bernama Bawasahib Maricar pada saat tahun 1880 ini.

Dahulunya, Masjid Raya Singkawang hanya bisa diisi beberapa jemaah saja. Akan tetapi sesudah mengalami kebakaran pada 1937 pada akhirnya masjid ini di bangun kembali dan bahkan juga diperluas.

Masjid Raya Singkawang dan VIhara Tri Dharma Bumi Raya ini termasuk tempat wisata religi, sejarah dan budaya yang bisa anda kunjungi di Kalimantan Barat ini. Namun, sebaiknya pada saat ada perayaan hari raya di antara dua agama tersebut.

Sebab anda bisa melihat indahnya toleransi antar umat beragama dan rasa saling menghargai dari keduanya. Bangunan ini juga dibangn dengan perpaduan berbagai langgam bangunan masjid . Dimasjid ini juga ada menara lamanya yang berdenah segi empat.

Selain itu juga sudah dilengkapi dengan kubah berbentuk bawang serta dilengkapi dengan balkoni yang ada di puncak menara di bawah kubah masjid ini.

Bentuk kubah bawang masih dipertahankan di bagian kubah utama bangunan baru yang sekarang ini sudah di cat dengan warna emas. Kemudian, untuk langgam masjid masjid Eropa bagian timur juga tampak di bagian penopang silindris pada dua kubah besar masjid ini.

Masjid Raya Singkawang sangat nyaman dan terjaga kebersihannya, dengan dilatari oleh bangunan kota Singkawang serta indahnya panorama Gunung Poteng.


Video Masjid Raya Singkawang


video : Weri Setia

0 komentar

Posting Komentar