Sabtu, 16 Maret 2019

Menjelajahi Wisata Sejarah di Kawasan Tradisional Kota Singkawang Kalimantan Barat

Menjelajahi Wisata Sejarah di Kawasan Tradisional Kota Singkawang Kalimantan Barat

Menjelajahi Wisata Sejarah di Kawasan Tradisional Kota Singkawang Kalimantan Barat
foto : Nixon R.
 Lokasi : Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : -
 Harga Tiket masuk : -


Kawasan Tradisional

Untuk anda semua yang sedang berkunjung ke Kota Singkawang mungkin kurang lengkap jika hanya menikmati keindahan wisata alamnya saja. Sebaiknya anda juga tak lupa mampir ke obyek wisata budaya dan sejarah, yaitu di Kawasan Tradisional. Perlu anda ketahui, lokasi Kawasan Tradisional ini berada di Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat.

Di tempat wisata di Kalimantan Barat ini ada sebuah bangunan Marga Tjhia yang sudah menjadi cagar budaya Kota Singkawang. Bangunan rumah yang terbuat dari kayu yang cukup besar tersebut berada di jalan masuk ke Kawasan Tradisional. Tak hanya itu saja, anda semua juga dapat menyaksikan rumah-rumah kuno.

Selain bangunan sejarah dan rumah kuno, di Kawasan Tradisional ini anda juga bisa merasakan nikmatnya berwisata kuliner di Kawasan Tradisional. Selain itu, anda semua juga bisa melihat Sungai Singkawang, yang membelah Kawasan Tradisional ini.

Semua aktifitas yang anda lakukan disini akan terasa sangat menyenangkan. Untuk anda semua yang sudah puas menikmati keindahan alam yang ada di kota Singkawang ini, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mengunjungi Kawasan Tradisional yang unik dan menarik ini.


Lokasi Kawasan Tradisional

Untuk lokasi Kawasan Tradisional ini tepatnya berada di Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat, Kalimantan Barat.


Peta Lokasi




Daya Tarik Kawasan Tradisonal

Salah satu daya tarik yang ada di Kawasan Tradisional ini yaitu Rumah Marga Tjhia. Rumah Marga Tjhia adalah Perumahan keluarga yang dihuni keturunan langsung Xie Shou Shi (Tjhia Siu Si) yang mana didirikan pada saat tahun antara 1901-1902 .

Bangunan ini dihadirkan dengan gaya ala timur dan barat. Untuk bahan bangunan rumah ini sebagian besar memakai kayu ulin (belian). Jadi, tak heran apabila bangunannya kokoh dan tegap berdiri. Bangunan rumah ini juga memiliki dua ruangan besar yang ada pada bagian depan dan dibagian belakang. Dan tiap ruangan itu terdapat ukiran, ornamen.

Selain itu juga ada kaligrafi emas masing-masing di ambang pintu. Selain itu juga ada lahan kosong atau aula utama yang ada di tengah-tengah halaman rumah tsb. Misalnya seperti arsitektur bangunan rumah tradisional China.

Tak hanya itu saja, Bangunan Rumah Marga Tjhia ini juga mempunyai belasan ruangan kamar yang sudah tersusun dengan bentuk letter U. Bangunan Rumah Marga Tjhia ini juga termasuk salah satu Cagar Budaya Kota Singkawang serta menjadi Rumah Tradisional yang unik.

Kawasan Tradisional ini termasuk salah satu tujuan Wisata Kota yang cukup ramai dan juga banyak dikunjungi oleh para akademisi yang saat itu sedang melakukan riset. Kawasan Tradisional ini tak hanya banyak dikunjungi oleh wisaawan dalam negeri saja. Akan tetapi juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang asalnya dari luar negri. Semuanya ingin melihat pesona dan keunikan dari Kawasan Tradisional di Singkawang Kalimantan Barat ini.


Video

video: singkawang gallery




Bagaimana Reaksi mu ?

Menjelajahi Wisata Sejarah di Kawasan Tradisional Kota Singkawang Kalimantan Barat
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.