Jelajahi Pesona Hutan Mangrove Kubu Raya yang Langka

Jelajahi Pesona Hitan Mangrove Kubu yang Langka
Foto : PortalHijau.Com
 Lokasi : Sungai Jawi, Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : -
 Harga Tiket masuk : Gratis


Hutan Mangrove Kubu Raya


Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya yang berada di provinsi Kalimantan Barat berkomitmen menjadikan kawasan hutan mangrove menjadi kawasan wisata yang berbasis lingkungan. Atau yang sering disebut dengan istilah ekowisata yang bisa menarik minat wisatawan.

Baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satunya dengan mengembangkan kawasan hutan mangrove Kubu menjadi kawasan wisata yang menarik.


Wilayah Kubu Raya sendiri mempunyai hutan mangrove yang di klaim sebagai hutan mangrove yang terbaik di Asia Tenggara.

Mengapa dikatakan terbaik, karena hutan mangrove Kubu banyak sekali jenis mangrovenya. Dari 60 jenis mangrove yang ada di Indonesia, 40 diantaranya dapat ditemukan di Kubu Raya. Diantaranya ada di kecamatan Batu Ampar dan kecamatan Kubu.


Menariknya Hutan Mangrove Kubu


Dengan banyaknya jenis mangrove yang ada di Kubu ini, menjadi salah satu potensi yang bagus untuk ditawarkan kepada wisatawan. Disamping itu, lokasi dari hutan mangrove yang ada di Kubu ini sangat strategis dan mudah untuk ditempuh.

Bahkan di hutan mangrove yang ada di Kubu, Kalimantan Barat ini diklaim terdapat jenis mangrove langka. Dengan spesies Bruguiera Hainesii dan Tumuk Putih yang ada di kawasan hutan mangrove Bentang Pesisir Padang Tikar dan juga Dabung.

Semuanya berada di kabupaten Kubu Raya. Salah satu yang menarik dari hutan mangrove yang ada di Kubu ini adalah adanya track ekowisata mangrove di desa Nipah Panjang. Ini tentu menjadi salah satu pilihan wisata berikutnya yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan mangrove di Kubu Raya.

Setelah ada trek mangrove ekowisata di Batu Ampar, saat ini juga ada track ekowisata mangrove lainnya. Seperti yang kita tahu, bahwa mangrove Kubu Raya merupakan jenis mangrove yang paling lengkap di dunia yang harus terus dilestarikan dan dijaga.

Dengan semakin banyak tujuan wisata yang bisa dikembangkan di Kabupaten tersebut, tentu akan memungkinkan perancangan paket wisata lengkap yang ada di kebun raya khususnya untuk perairan. Mulai dari Rasau Jaya, Batu Ampar, Kubu dan teluk Pakedai.



Lokasi dan Rute Menuju Mangrove Kubu


Lokasi hutan mangrove ini berada di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Agar dapat sampai ke lokasi hutan mangrove ini, anda bisa menggunakan speed boat dan rasau menuju Kubu.

Biayanya sekitar Rp60.000 per orang. Sementara untuk jadwal keberangkatan nya dimulai pukul 10.00 pagi dengan waktu tempuh kurang lebih 90 menit.

Jika anda sudah sampai di kubu, anda akan melanjutkan perjalanan menggunakan klotok ke hutan mangrove dengan waktu tempuh 30 menit. Biaya untuk charter klotok ini sekitar Rp400.000.


Peta Wisata




Tiket Masuk


Tak perlu khawatir saat ingin mengunjungi hutan mangrove Kubu ini. Karena anda tidak akan dikenakan biaya masuk.

Tetapi anda akan dikenakan biaya transportasi seperti tiket penggunaan speed boat seharga Rp60.000 dan perahu klotok sebesar Rp400.000. Nikmati pengalaman berwisata ke hutan mangrove yang tak terlupakan hanya di Kubu Raya Kalimantan Barat.

0 komentar

Posting Komentar