Kamis, 24 Januari 2019

Melihat Dari Dekat Keunikan Klenteng Timbul di Tengah Laut

Melihat Dari Dekat Keunikan Klenteng Timbul di Tengah Laut

Melihat Dari Dekat Keunikan Klenteng Timbul di Tengah Laut
Foto : travel.detik.com
 Lokasi : Kubu Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : -
 Harga Tiket masuk : Gratis


Indonesia memang memiliki berbagai macam keunikan tersendiri yang sangat menarik. Salah satunya adalah hasil karya anak bangsa yang dapat membuat kagum seluruh dunia. Hasil karya yang dimaksud yaitu Kelenteng Timbul yang berdiri di tengah lautan. Dan ini adalah satu-satunya bangunan ibadah yang lokasinya berada di tengah laut.

Luas bangunan Kelenteng Timbul ini 20 X 20 m dan hanya ditopang dengan tiang penyangga yang berasal dari kayu ulin atau kayu belian. Kelenteng ini berdiri dengan gagah menahan deburan ombak air laut sejak dibangun tahun 1969 lalu. Sebenarnya nama kelenteng ini adalah Xiao Yi Shen Tang atau sering disebut dengan nama kelenteng Dharma Bakti.

Keunikan Yang Bisa Dilihat Di Kelenteng Timbul

Yang menjadikan kelenteng ini unik adalah karena kelenteng ini satu-satunya bangunan tempat ibadah yang terapung atau timbul di atas permukaan laut. Dengan jarak sekitar 4 km dari daratan. Potensi wisata yang dapat dihasilkan dari kelenteng ini begitu luar biasa. Di samping menjadi pusat ibadah bagi etnis Tionghoa, kelenteng ini juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu tempat tujuan memancing untuk penduduk sekitar. Seperti yang diketahui bahwa 80% penduduk yang dari Muara Kakap adalah etnis Tionghoa.

Saat anda berkunjung ke tempat ini, maka anda juga bisa melakukan aktivitas yaitu memancing. Sebab Muara Kakap sendiri adalah wilayah laut yang kaya dengan berbagai macam jenis ikan. Dan ini menjadi tempat favorit untuk para pemancing. Selain itu saat diadakan berbagai macam event daerah seperti Robo-Robo, maka kelenteng ini ramai dikunjungi.

Saat sampai di depan kelenteng, pengunjung harus menaiki 7 anak tangga kayu agar bisa sampai ke beranda kelenteng dengan nuansa warna merah itu. 2 tiang kayu penyangga dari atap beranda dihiasi bunga teratai bersusun 7 dengan warna jambon yang memudar. Sebagai tempat ibadah, kelenteng ini juga sering dikunjungi oleh masyarakat non Tionghoa. Biasanya mereka datang dari berbagai daerah yang ada di Kalimantan Barat. Bahkan dari luar negeri seperti Amerika, Belanda dan Italia juga datang ke tempat ini. Mereka datang hanya untuk sekedar melihat-lihat, berekreasi dan juga memancing.


Lokasi dan Rute

Lokasi dari kelenteng Pekong atau Kelenteng Timbul ini berada di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Untuk bisa sampai ke tempat ini, maka anda bisa menggunakan perahu klotok untuk menyusuri kampung nelayan yang ada di Muara Kakap. Lokasinya berada 25 km dari Pontianak yang merupakan ibukota provinsi Kalimantan Barat. Muara ini berhadapan langsung dengan hamparan laut Cina Selatan yang biru.


Peta Lokasi



Tiket Masuk

Untuk bisa masuk ke Kelenteng Timbul anda tidak dikenakan biaya atau wisata ini gratis untuk dikunjungi para wisatawan. Akan tetapi, anda perlu membayar biaya sewa perahu klotok agar bisa sampai ke tempat ini sekitar Rp100.000. Jadi, saat anda berkunjung ke Kalimantan Barat ,maka tidak ada salahnya anda menikmati keindahan bangunan peribadatan yang sangat unik dan menarik ini.


Video

Video : VixSa Channel

Bagaimana Reaksi mu ?

Melihat Dari Dekat Keunikan Klenteng Timbul di Tengah Laut
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.