Selasa, 22 Januari 2019

Pesona Ekowisata Hutan Mangrove Batu Ampar yang Menawan Hati

Pesona Ekowisata Hutan Mangrove Batu Ampar yang Menawan Hati

Pesona Ekowisata Hutan Mangrove Batu Ampar yang Menawan Hati
Foto : www.goodnewsfromindonesia.id
 Lokasi : Desa Batu Ampar, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : Setiap Hari
 Harga Tiket masuk : Gratis


Hutan Mangrove Batu Ampar adalah salah satu diantara jenis hutan mangrove yang paling lengkap di dunia. Ada lebih dari 80% total jenis mangrove yang ada di dunia ada di sini. Objek wisata ini diresmikan langsung Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus. Selain itu, turut dihadiri juga oleh duta besar kerajaan Norwegia saat peresmian hutan mangrove ini.

Hal ini tentu menjadi salah satu potensi wisata yang cukup baik dan patut untuk dikembangkan. Apalagi di dalam hutan mangrove Batu Ampar ini terdapat berbagai macam habitat yang langka seperti bekantan, pesut, ikan tiris, kucing bakau dan berbagai hewan lain. Apa saja yang menarik dari ekowisata hutan bakau yang ada di Batu Ampar, Kalimantan Barat ini? berikut ulasannya.

Daya Tarik Hutan Mangrove Batu Ampar

Hutan mangrove ini adalah ekowisata yang dibangun oleh perangkat desa dan juga LPHD di Batu Ampar. Di sini sudah ada lokasi jalan setapak untuk menyusuri hutan bakau yang terbuat dari papan dan juga kayu. Disamping itu, ada juga bangunan yang bisa digunakan sebagai pondok untuk beristirahat.

Untuk masyarakat umum, saat berkunjung ke hutan mangrove ini bisa menyaksikan berbagai macam jenis bakau yang ada di sini. Ada banyak sekali, bahkan saat anda berjalan 150 meter saja, anda sudah bisa menemukan 30 jenis pohon mangrove mulai dari nyirih, nipah dan berbagai macam jenis lainnya.

Bukan hanya menikmati indahnya hutan mangrove saja, namun disini anda juga bisa menemukan berbagai macam jenis hewan. Seperti bekantan, kucing bakau dan lain sebagainya.Selain itu, disini juga tersedia kuliner khas yang kaya sekali kenikmatannya seperti udang, kepiting dan berbagai macam kuliner lainnya.

Aktivitas yang anda dilakukan di hutan mangrove ini diantaranya adalah memancing. Wisata pendidikan, berpetualang ke bukit Bongok di desa Batu Ampar, pemandangan laut Cina Selatan yang luas dan masih banyak lagi yang lainnya.


Lokasi dan Rute

Lokasi dari ekowisata mangrove ini berada di hutan desa. Tepatnya di desa Batu Ampar , Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya. Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini, untuk bisa mencapai lokasi maka bisa menempuh perjalanan menggunakan speed boat atau motor air. Anda bisa melalui pelabuhan Seng Hie Pontianak atau lewat pelabuhan Rasau Jaya. Waktu yang bisa ditempuh tergantung pada kendaraan yang nantinya akan digunakan. Bila memakai speedboat maka waktu yang ditempuh sekitar 3 jam. Sementara saat menggunakan motor klotok dapat mencapai 6 sampai 8 jam.


Peta Wisata



Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke tempat wisata hutan mangrove Batu Ampar ini, maka anda tidak akan dikenakan biaya masuk. Dengan kata lain masuk ke tempat wisata ini gratis. Namun untuk menuju tempat wisata ini, saat anda menggunakan perahu klotok atau speed boat maka akan ada tarif tersendiri.


Video

Video : MAHARAJA DIRAJA

Bagaimana Reaksi mu ?

Pesona Ekowisata Hutan Mangrove Batu Ampar yang Menawan Hati
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.