Jumat, 14 Desember 2018

Pesona Wisata Benteng Keraton Buton Sulawesi Tenggara

Pesona Wisata Benteng Keraton Buton Sulawesi Tenggara

Pesona Wisata Benteng Keraton Buton Sulawesi Tenggara
Sumber Gbr : journal.momotrip.co.id
 Lokasi : Jalan Labuke, Melai, Murhum, Melai, Murhum, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara
 Google Maps : Klik disini


Benteng Keraton Buton

Benteng Keraton Buton termasuk salah satu objek wisata bersejarah yang menarik dan bisa anda kunjungi di wilayah Sulawesi Tenggara. Wisata sejarah ini memiliki daya tarik tersendiri. Bangunan benteng ini terbuat dari batu kapur atau gunung. Salah satu daya tarik dari benteng ini yaitu mempunyai sebanyak 12 pintu gerbang yang dinamakan dengan Lawa. Kemudian juga ada16 emplasemen meriam yang banyak disebut dengan nama Baluara. Untuk lokasinya berada di puncak bukit yang lumayan tinggi serta memiliki lereng yang cukup terjal, sehingga sangat wajar jika dahulunya tempat ini dijadikan sebagai tempat pertahanan yang paling baik di masa itu.

Daya Tarik

Hingga sekarang ini, benteng pertahanan ini keadaannya masih berdiri kokoh. Daya tarik disini, anda bisa menikmati indahnya pemandangan kota Bau-Bau serta menyaksikan hilir mudik kapal pada selat Buton dari suatu ketinggian dengan jelas. Dan ini merupakan pemandangan yang sangat menarik untuk dinikmati. Tak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan kota Bau-Bau saja, di dalam kawasan benteng juga bisa dijumpai beraneka ragam peninggalan sejarah dari Kesultanan Buton.

Jika anda semua mencoba berkunjung ditempat wisata sejarah ini, untuk yang pertama anda bisa menyaksikan di sebelah kanan dari pintu gerbang benteng keraton ini ada bangunan Masjid Agung Wolio. Masjid Agung Wolio ini juga memiliki nama lain yaitu Masjid Al Muqarrabin Syafyi Shaful Mu’min. Usia bangunan masjid ini sudah sangat tua, yakni usianyab 300 tahunan. Meskipun usianya sudah tua, bangunan masjid ini tetap aktif dijadikan untuk tempat beribadah dan ramai dikunjungi untuk aktifitas keagamaan.

Disini anda juga bisa melihat tiang bendera yang usianya juga sudah lebih dari 300 tahun. Jadi sudah sangat tua. Untuk lokasi tiang bendera ini tepatnya di depan bangunan masjid Keraton Buton dan menghadap ke arah kota Baubau. Nah, disini anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang juga sangat mempesona.

Sedangkan di depan bangunan masjid tersebut terdapat aula kesultanan yang biasanya digunakan berbagai macam kegiatan atau aktivitas kesultanan. Tidak jauh dari masjid agung, anda dapat mengunjungi Mahligai Kesultanan Buton atau Malige yang didirikan di tengah-tengah kota Baubau.

Banyak sekali objek yang dinilai cukup menarik yang bisa anda amati saat berada di dalam bangunana benteng Keraton Wolio ini. Salah satunya adalah Batu Wolio. Perlu anda ketahui, jika Batu Wolio ini merupakan salah satu batu umum yang memiliki warna yang gelap. Untuk ukurannya mungkin juga sama seperti satu ekor lembu yang sedang duduk berkubang.

Lokasi

Lokasi wisata sejarah Benteng Keraton Buton ini yaitu ada di kota Bau-bau, tepatnya di Provinsi Sulawesi Tenggara. Bangunan bersejarah yang unik ini memiliki daya tarik tersendiri yang menjadikan banyak orang tertarik untuk mengunjunginya.

Peta Lokasi


Bagaimana Reaksi mu ?

Pesona Wisata Benteng Keraton Buton Sulawesi Tenggara
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.