Museum Tsunami Aceh Yang Mempesona

Museum Tsunami Aceh Yang Mempesona
Sbr Gbr : widyawisata.com
 Lokasi : Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh
 Google MapsKlik disini
 Buka/Tutup : 09.00 - 17.00
 Harga Tiket masuk : Gratis
 Parkir : Tersedia

Museum Tsunami Aceh


Pada tahun 2004 silam Aceh berduka, bencana tsunami datang merenggut segalanya dari Aceh. Banyak jiwa melayang, tempat tinggal, hewan peliharaan, ternak, kekayaan alam, dan masih banyak lagi.

Dan yang tersisa tinggallah puing kerusakan serta kenangan pahit. Namun sekarang Aceh sudah bangkit, dan saat ini di sana telah lahir sebuah bangunan megah yang menjadi pengingat dahsyatnya tsunami kala itu.

Bangunan tersebut bernama Museum Tsunami. Museum Tsunami merupakan tempat dimana nama-nama korban tewas telah diukir. Dan menjadi tempat para wisatawan dapat merasakan detik-detik ketika Tsunami datang.

Ini adalah sebuah bangunan bersejarah untuk warga Aceh. Siapa pun yang datang ke museum ini bisa merasakan nuansa seram dan mencekam.



Daya Tarik


Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari museum ini, karena saat berada di museum ini anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Diantaranya menjelajah museum.

Anda dapat menjelajah setiap ruangan sambil mengetahui ilmu kebencanaan pada ruang geologi. Atau membaca buku yang berkaitan dengan bencana di ruang perpustakaan.

Anda bisa berfoto dengan spot yang menarik. Biasanya pengunjung tak ingin melewatkan berburu foto di tempat-tempat yang mereka kunjungi.

Beberapa spot di museum ini dapat diabadikan dengan kamera. Anda juga bisa ber selfie di dalam atau di luar bangunan. Desain museum ini cukup layak untuk dijadikan background pada foto anda.


Fasilitas


Di dalam museum ini fasilitas yang ada sudah cukup lengkap. Fasilitas penunjang disediakan untuk berbagai macam kegiatan lain. Di samping adanya fasilitas umum seperti toilet, area parkir, toko souvenir dan mushola. Di sini juga ada fasilitas khusus seperti ruang perpustakaan dan ruang geologi.

Pengunjung dapat memperoleh pengetahuan mengenai bencana tsunami di ruang geologi tersebut. Ini berguna untuk mendukung proses pembelajaran karena terdapat peralatan dan juga simulasi yang lengkap di sini.

Di samping itu, di museum ini juga ada penjual jajanan khas Aceh. Seperti gula karet, keukarah dan seupet kiet. Jadi saat anda lapar dan sedang menjelajai area museum, maka anda bisa membeli makanan khas dari Aceh yang disediakan di sini.


Lokasi


Jika anda ingin berkunjung ke museum ini, maka lokasinya berada di jalan Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh. Tempatnya yang sangat strategis yaitu di pusat kota Banda Aceh bisa memudahkan para pengunjung untuk dapat menemukannya.

Bila anda sudah pernah berkunjung ke masjid Baiturrahman, anda sudah berada dekat sekali dengan museum ini. Jaraknya dari masjid raya Baiturrahman sekitar 400 meter saja.


Peta Lokasi




Harga Tiket Masuk


Bagi anda yang ingin berkunjung ke museum Tsunami Aceh ini dibuka setiap hari kecuali pada hari Jumat. Buka mulai pukul 09.00 sampai pukul 17.00.

Jadi anda dapat datang ke sini kapan saja anda mau. Untuk tiketnya anda tidak perlu mengeluarkan biaya pembelian tiket sebab museum ini gratis dikunjungi oleh siapapun.

0 komentar

Posting Komentar