Bukit Kaba Bengkulu Dengan Kawah Hidup yang Cantik

Bukit Kaba Bengkulu Dengan Kawah Hidup yang Cantik
Sumber Gbr : medium.com, By @_aaaallll
 Lokasi : Sambirejo, Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu
 Google MapsKlik disini
 Buka/Tutup : 08.00 - 16.00 WIB
 Jasa : anda dapat naik angkutan desa dengan ongkos Rp5.000 atau ojek sebesar Rp15.000.


Bukit Kaba Bengkulu


Bengkulu memiliki salah satu wisata alam favorit yaitu gunung Kaba. Gunung Kaba ini berada di kabupaten Rejang Lebong dengan pemandangan yang hijau karena ditanami sayur dan juga buah buahan segar.

Dari gunung tersebut, bukit kaba sangat populer karena bukit kaba ramah untuk pendaki pemula. Gunung Kaba adalah sebuah gunung yang mempunyai ketinggian 1937 mdpl. Dan ini termasuk dalam taman wisata alam yang memiliki luas sekitar 13940 hektar.

Memiliki kondisi alam yang masih asri dan alami. Dan juga dilengkapi dengan pemandangan cantik membuat tempat ini menjadi salah satu favorit untuk kalangan pendaki.



Daya Tarik


Jika anda sudah tiba di wilayah kubah dari gunung Kaba yang ada di Bengkulu ini, maka anda dapat merasa lega. Anda bisa meregangkan tubuh sejenak sambil meluruskan kaki yang terasa letih karena pendakian.

Dari sana anda harus bersiap melewati 307 anak tangga agar dapat mencapai kawah dan juga ke puncak gunung. Ada yang melewati jalur aspal namun juga harus menghadapi anak tangga ini.

Setelah menaiki ojek kurang lebih setengah jam setelah 20 menit menapaki tangga, maka akan terbayar lunas setelah melihat 3 buah kawah yang berada di puncak bukit Kaba.

Disana asap akan selalu mengepul dari dua kawah yang menjadikan tanda bahwa gunung tersebut sampai saat ini masih aktif. Satu kawah lain telah mati dan tidak mengeluarkan asap.

Di bibir kawah terdapat pagar-pagar yang dibuat untuk menjaga para wisatawan supaya tidak jatuh ke dalam kawah. Di atas bukit mungkin anda akan menemukan buah-buahan atau sajen di puncak kawah.

Ini merupakan tanda bahwa bukit tersebut masih dipercaya oleh masyarakat setempat menjadi tempat mereka untuk berdoa. Mereka meminta banyak hal di sana, mulai dari kesembuhan, keselamatan dan terhindar dari berbagai macam bencana.

Di gunung ini terdapat kawah hidup dan mati. Bila ingin berkunjung ke kawah hidup jangan lupa membawa masker atau penutup hidung. Sebab bau belerang sangat menyengat dan bisa saja mengganggu pernafasan.

Gunung ini dapat digunakan untuk wisata dan juga pendakian. Panorama alam berupa hijaunya kebun sayur milik warga menjadi pemandangan yang indah. Jika beruntung, wisatawan kadang juga bisa bertemu dengan gerombolan siamang yang di berada disekitar hutan dan hidup dengan bebas.

Bagi anda yang ingin merasakan momen romantis dengan pasangan, maka anda bisa mencoba menginap semalaman di area sekitar hutan bukit Kaba. Wisatawan bisa menyaksikan indahnya cahaya bulan dan bintang ketika malam hari.


Lokasi Dan Tiket Masuk


Untuk anda yang ada di kota Bengkulu anda bisa menggunakan kendaraan umum menuju terminal Panorama. Kemudian mencari angkutan kota Curup dan melanjutkan perjalanan naik angkutan desa Sumberbening.

Berhenti di persimpangan jalan dari bukit Kaba. Dari sini jika anda ingin masuk ke kawasan gunung Kaba, maka anda akan didampingi dengan kelompok sadar wisata atau Pokdarwis.

Mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB, anda dapat naik angkutan desa dengan ongkos Rp5.000 atau ojek sebesar Rp15.000.


Peta Lokasi



0 komentar

Posting Komentar