Pulau Sempu Jawa Timur Rekomendasi Wisata Alam Menarik

Sumber Gbr : travel.tribunnews.com
 Lokasi : Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Jawa Timur
 Google MapsKlik disini

Pulau Sempu Jawa Timur


Pulau Sempu Jawah Timur sebuah pulau kecil yang menarik dan menyimpan jutaan pesona luat biasa. Memang inilah deskripsi yang cocok bagi pulau kecil menawa di jawa timur ini.

Berada di Kabupaten Malang Selatan, Pulau sempu telah menjadi salah satu magnet bagi para wisatawan. Khususnya karena keindahan laguna yang terdapat ditengahnya yang disebut dengan Segara Anakan.

Mengingat sebenarnya pulau ini bukan tempat wisata, melainkan cagar alam, tentu pulau ini tidak boleh sembarangan dikunjungi, anda harus memiliki izin Simaksi yang legal untuk bisak akses dipulau ini,

tapi kenyataanya pulau Sempu ini masih saja diperbolehkan untuk kegiatan wisata oleh pihak pengelolah yang tentunya bertolak belakang dengan status Pulau Sempu. Saya tidak membahas permasalah itu lebih lanjut, disini saya hanya akan membahas daya tarik dan keindahan pulau ini saja.

Pulau Sempu Jawa Timu ini memilki luas 877 hektar dan telah dikelolah oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur. Agar anda bisa mencapai bibir danau, maka anda harus berjalan kaki sekitar 2,5 km dengan melintasi hutan lebat yang penuh lumpur.

Bahkan terkadang harus melompati batang pohon tumbang dan merunduk diatas jalan setapak yang dilalui.



Daya Tari Pulau Sempu Jawa Timur


Mengapa banyak wisatawan yang penasaran dan ingin datang ke pulau Sempu ini ? kerena daya tarik dari pulau Sempu ini berada pada keindahan danaunya yang berada persis ditengah-tengah pulau.

Danau ini terbentuk dari air laut yang masuk lewat celah-celah tebing serta memiliki pasir berwarna putih yang bersih, semakin membuat traveller betah menikmati serta mengabadikan keindahan dari pulau Sempu ini.


Aktivitas Menarik di Pulau Sempu


Pulau yang tidak berpenduduk ini dihuni dengan berbagai macam flora dan fauna khas dari hutan tropis seperti kancil dan babi hutan. Saat berada dipulau ini, anda bisa melakukan aktivitas menantang berupa tracking untuk menuju ke Segara Anakan.

Anda akan ditemani oleh pemandu dari badan konservasi, sebab didalam perjalanan menuju Segara Anakan banyak binatang liar seperti jaguar, babi hutan dan juga macan yang berkeliaran, sehingga anda harus didampingi.

Ketika anda sudah sampai di Segara Anakan, anda bisa menikmati keindahan laguna tersebut seperti menikmati pantai milik pribadi. Anda bisa melihat beningnya air yang terhampar luas dengan pasir putih serta batuan karang yang mengelilinginya.

Anda juga bisa bersantai dan berenang di air yang tenang ini. Ditempat ini anda juga diperbolehkan untuk kemping, memancing, memanjat tebing atau mengelilingi pulau dengan perahu sewaan


Lokasi Pulau Sempu


Puau Sempu ini berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Jawa Timur. Agar anda bisa mencapai pulau Sempu ini, anda harus terlebih dahulu pergi ke Pantai Sendang Biru dan menyebrang menggunakan perahu yang menuju pulau Sempu.

Sementara untuk pantai Sendang Biru sendiri bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum.


Peta Lokasi




Tiket Masuk Pulau Sempu


Anda bisa membeli tiket masuk kepulau sempu Jawa Timur ini dengan berkelompok atau perorangan. Untuk Kelompok, dikenakan tiket antara Rp 35.000 hingga Rp.50.000.

Sementara untuk perorangan, Setiap orang bisa dikenakan tiket Rp.20.000 hingga Rp.25.000. Selain itu, anda juga dapat menyewa jasa guide dengan membayar Rp.100.000 untuk masing-masing kelompok.

0 komentar

Posting Komentar