Lokasi dan Daya Tarik Wisata Museum Kalimantan Barat

Lokasi dan Daya Tarik Wisata Museum Kalimantan Barat
Foto : indonesiakaya.com
 Lokasi : Jl. Jenderal Ahmad Yani, Parit Tokaya, Pontianak Sel, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
 Google MapsKlik disini
 Buka/Tutup : Buka jam 08.00 dan tutup jam 14.30
 Harga Tiket masuk : Rp 3000 - Rp 10.000 per orang


Museum Kalimantan Barat


Untuk anda ynag ingin merasakan berwisata seharah di Kalimantan, anda bisa mencoba mengunjungi Museum Kalimantan Barat . Museum Kalimantan Barat, yang terletak di jalan A. Yani, mempunyai daya tarik tersendiri.

Sekarang ini, museum tidak hanya dijadikan sebagai tempat penyimpanan koleksi benda peninggalan sejarah saja, namun saat ini, museum juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk bersantai.

Untuk bisa sampai ke sini, anda semua dapat memilih menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan menggunakan angkutan umum. Lokasinya bisa dengan mudah anda jumpai.


Museum ini berdiri di atas tanah seluas kurang lebih 3905 meter dan juga merupakan salah satu museum yang terbaik di Indonesia. Koleksinya pun juga sangat lengkap dan juga ditata dengan menarik.

Ini yang menjadikan para pengunjung nyaman memperhatikan tiap-tiap detil koleksi yang ada di bangunan museum ini. Museum ini tepatnya berdiri pada 1975, akan tetapi berfungsi sebagai Museum Kalimantan Barat yaitu pada 4 Oktober 1983.

Sesudah pemerintah melakukan penyempurnaan bangunan yang memiliki gaya modern serta tradisional, Museum Kalimantan Barat ini diresmikan pada 2 April 1988.


Daya Tarik Museum Kalimantan Barat


Para wisatawan tidaka akn bosan dalam berwisata sejarah, sebab ada sekitar 5027 buah koleksi yang dipamerkan di Museum Kalimantan Barat ini.

Koleksinya berupa etnografika, historika, fiologika, keramilogika. Selain itu juga ada miniatur yang pastinya ada kaitannya dengan sejarah serta budaya Kalimantan Barat.

Koleksi berbau geologi serta artefak dapat anda saksikan di ruangan pertama. Disini anda bisa merasakan nuansa sejarah yang kental.

Di museum ini, anda dapat menyaksikan pakaian para raja dan bangsawan terdahulu. Untuk anda semua yang ingin melihat koleksi berbau budaya tradisional, anda dapat memasuki ruangan pameran kedua ini.

Di runagan ini, banyak sekali benda etnogradi suku dayak serta kesenian tradisional lainnya. Bahkan disini peralatan rumah tangga tradisional juga bisa dapat anda jumpai di Museum Kalimantan Barat.

Apabila anda semua melihat-lihat di sekitar tengah-tengah lokasi museum, terdapat berbagai peninggalan seperti batu nisan masyarakat Dayak yang bentuknya seperti patung yang disebut Pantak, alat pemintal benang, aksara yang ditulis di sebuah batu, dan lain sebagainya.

Ada satu hal yang menarik yang bisa anda jumpai di sekitar sini yaitu miniatur rumah lanting. Tak hanya arsitektur bangunannya yang begitu cantik, koleksi di sini juga lengkap. Jadi, anda bisa berwisata sembari menambah wawasan.

Disini, para pengunjng bisa sekedar berjalan-jalan, mengabadikan replika peninggalan, berfoto, dan kegiatan yang lainnya.

Pada bagian samping kanan serta di belakang museum juga terdapat warung dan tempat-tempat yang menyediakan makanan dan minuman seperti halnya saung-saung yang digunakan untuk suatu perkumpulan atau digunakan untuk pertemuan. Anda tidak akan menyesal mengunjungi Museum Kalimantan Barat ini.


Peta Lokasi




Video Museum Kalimantan Barat


Video : Destriadi Yunas Jumasani

0 komentar

Posting Komentar