Pantai Pelangi Jogja, Wisata Baru dan Lokasi Pelepasan Anak Penyu (Info Terlengkap dan Terbaru)

Pantai Pelangi Jogja, Wisata Baru dan Lokasi Pelepasan Anak Penyu (Info Terlengkap dan Terbaru)

 Lokasi : Dusun Mancingan, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
 Google Maps : Klik disini
 HTM Gerbang Pantai : Rp. 3000/motor
 Parkir : Rp. 2.000

Pantai Pelangi Jogja


Pantai Pelangi adalah kawasan pantai yang dibuka setelah adanya pemekaran kawasa wisata Pantai Parangtritis. Nama Pantai Pelangi kurang dikenal seperti nasib Pantai Mancingan Baru yang berada di sebelah timur Pantai Parangkusumo.

Hal inilah yang membuat Pantai Pelangi tidak ramai pengunjung. Oleh Karena itu, Pantai Pelangi ini memang sangat cocok untuk anda yang ingin mencari suasana wisata yang tenang. Perlu diketahui, Pantai Pelangi ini memiliki garis pantai yang panjang.


Garis Pantai yang memanjang menjadikan masyarakat setempat memberdayakan sejumlah wilayah guna dijadikan kawasan wisata baru di Bantul. Ada beberapa kawasan garis pantai yang belum dikenal wisatawan serta belum diberi nama.

Hal ini tentu saja mampu menggerakan ekonomi bagi masyarakat setempat. Untuk pesona, pemandangan Pantai Pelangi  ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai lain yang berada disekitarnya. Hanya saja, pantai ini memiliki kekhasan dengan kontur yang landai dan pasir pantai berwarna kehitaman.


Daya Tarik Pantai Pelangi


Pantai Pelangi Jogja diresmikan pada tahun 2009 silam oleh pengelolah pantainnya. Saat anda berada di kawasan pantai ini, anda akan melihat beberapa nelayan yang melaut.

Daya tarik utama Pantai Pelangi ini sebenarnya bukan berasal dari pemandangan serta pelelangan ikan, akan tetapi pelepasan anak penyu atau tukik.

Pantai Pelangi ini memang rutin digunakan sebagai salah satu lokasi pelepasan anak penyu. Kegiatan ini dilakukan oleh komunitas penyelamat penyu. Kegiatan ini mengundang berbagai lapisan wisatawan untuk mengunjungi pantai pelangi serta turut mengikuti rangkain kegiatannya.


Fasilitas Pantai Pelangi


  • Area parkir kendaraan
  • Musholah
  • Kamar mandi
  • Tempat peristirahatan
  • Tempa pelelangan ikan
  • Warung makan
  • Penginapan

Lokasi


Kawasan wisata Pantai Pelangi bisa anda temukan di Dusun Mancingan, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewah Yogyakarta.

Lokasi Pantai Pelangi ini ada di sebelah barat kawasan Pantai Parangkusumo. Pantai ini terpisah dari kompleks wisata Pantai  Parangtritis, Pantai Depok, dan Pantai Mancingan.


Peta Lokasi




Rute Perjalanan


Untuk menuju kawasan wisata Pantai Pelangi, anda ikuti saja jalan ke arah barat penghubung Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Selama perjalanan, anda akan melewati Pantai Parangkusumo dan Guuk Pasir Parangkusumo.

Sebelum anda memasuki Pantai Depok dan Landasan Pacu, ada area pantai baru yang dinamakan Pantai pelangi ini. Ada beberapa papan petunjuk arah ke Pantai Pelangi yang terpasang di tepi jalan untuk memudahkan perjalanan anda.


Saran


Akan lebih baik jika pemerintah setempat segera mengelolah Pantai Pelangi dengan baik sehingga terdapat kejelasan mengenai retribusi dan parkir. Dengan begitu Pantai Pelangi Jogja pun lebih mudah dikenal masyarakat luar.


Galeri Foto


Pantai Pelangi Jogja 2 Pantai Pelangi Jogja 3
Pantai Pelangi : Penyu Pantai Pelangi : Tukik



Video Pantai Pelangi Jogja


Source video : Muflih Shobirinuk


0 komentar

Posting Komentar