Napak Tilas Sejarah Makam Syarif Idrus Pendiri Kerajaan Kubu

Napak Tilas Sejarah Makam Syarif Idrus Pendiri Kerajaan Kubu
foto : aladamyarrantawie.blogspot.com
 Lokasi : Jl. Ahmad Yani, Procot, Slawi, Procot, Slawi, Tegal, Jawa Tengah
 Google MapsKlik disini
 Buka/Tutup : -
 Harga Tiket masuk : Gratis


Makam Syarif Idrus 


Saat anda berada di desa Kubu di mana adanya situs kerajaan Kubu berdiri. Tentu akan semakin lengkap bila anda juga mengunjungi makam raja-raja yang ada di Kubu.

Salah satunya yaitu makam Syarif Idrus yang merupakan pendiri kerajaan Kubu yang asalnya dari Hadramaut Yaman.


Makam Syarif Idrus hingga saat ini menjadi salah satu tempat wisata yang ada di Kalimantan Barat, khususnya untuk wisata ziarah.

Di area makam ini tergolong cukup sering diselenggarakan berbagai macam kegiatan keagamaan. Seperti saat masuk bulan suci ramadhan, ada banyak sekali para peziarah yang berdoa di makam pendiri kerajaan Kubu yaitu Syarif Idrus.


Cerita Sejarah Makam Syarif Idrus


Kalimantan Barat memang banyak menyimpan kekayaan wisata. Bukan hanya wisata alam, wisata religi, wisata sejarah saja yang keren-keren. Bahkan kini ada wisata ziarah yang menambah daya tarik kekayaan wisata di Kalimantan Barat.

Jika menurut dari catatan cerita rakyat, maka nama kubu diartikan sebagai tempat kubu pertahanan atau benteng. Ketika masa penjajahan kolonialisme Belanda dan juga Jepang.

Sultan Syarif Al Idrus sebagai raja pertama dari kesultanan Kubu sekaligus membuka lahan dan pendiri perkampungan Kubu. Beliaulah yang telah membukanyai.

Kecamatan Kubu bermula dari sejarah kerajaan Kubu. Sampai pada 45 penjelajah Arab dari Hadramaut Yaman yang mendapatkan perintah dari gurunya untuk mengajarkan syariat Islam.

Dan salah seorang dari 45 pemuda arab tersebut yang membuka lahan perkampungan yaitu Syarif Idrus Al Idrus.

Lokasi dan Rute


Bila anda ingin berkunjung ke tempat ini, maka lokasinya berada di desa Kubu dan masih berada dalam satu wilayah kecamatan Kubu.

Kubu merupakan salah satu kecamatan yang berada di kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat. Kecamatan Kubu adalah satu-satunya kecamatan yang mempunyai keunikan di kabupaten Kubu Raya.

Dalam kecamatan ini tercatat berbagai macam sejarah. Diantaranya pernah berdiri kerajaan Kubu. Yang terbukti sampai saat ini makam pendirinya yaitu Syarif Idrus yang menjadi raja kesultanan pada masa itu masih tetap terjaga dan terawat.

Sehingga sampai saat ini, makam syarif idrus menjadi salah satu potensi wisata ziarah yang terdapat di kabupaten termuda provinsi Kalimantan Barat sekarang ini.


Peta Lokasi




Tiket Masuk


Bagi anda semua yang ingin berziarah ke makam Syarif Idrus yang berada di Kubu, Kalimantan Barat ini, maka anda tidak akan dikenakan biaya.

Anda bisa masuk dengan gratis dan anda juga bisa melihat seperti apa makam dari Syarif Idrus yang merupakan pendiri kerajaan kubu ini.

Untuk itu, bagi anda semua yang berkunjung ke Kalimantan Barat, jika anda ingin melakukan wisata ziarah. Maka makam Syarif Idrus bisa menjadi salah satu referensi wisata yang tepat bagi anda.

0 komentar

Posting Komentar