Hutan Kota Arboretum Sylva Untan yang Lagi Hits di Pontianak

Hutan Kota Arboretum Sylva Untan yang Lagi Hits di Pontianak
Foto : sitimustiani.com
 Lokasi : Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Pontianak, Kalimantan Barat
 Google MapsKlik disini
 Buka/Tutup : 24 Jam
 Harga Tiket masuk : Gratis


Hutan Kota Arboretum Sylva Untan


Tempat wisata Hutan Kota Arboretum Sylva Untan memiliki luas mencapai 3,2 hektar. Di kawasan Arboretum Sylva Untan ini terdapat 190 jenis pohon, 176 perdu dan tumbuhan bawah, 86 anggrek, 12 jenis mamalia, 14 jenis hertofauna, 32 jenis burung dan 35 jenis serangga.

Saat anda berada di Arboretum Sylva Untan, anda akan merasakan hawa udara yang sejuk khas pegunungan. Tak mengherankan karena sepanjang Arboretum Sylva Untan ini ditumbuhi pohon yang berderet.

Selain sebagai tempat wisata yang dibuka untuk umum, Arboretum Sylva Untan berfungsi sebagai kebun koleksi tanaman dan pohon khusus Kalimantan Barat.

Tempat wisata ini berperan penting sebagai tempat keanekaragaman hayati, pengembangan hutan kota, pengembangan pendidikan, sarana rekreasi serta hiburan masyarakat.


Arboretum Sylva Untan juga menjadi kawasan pelestarian plasma nutfah di Kalimantan Barat. Adanya Arboretum Sylva Untan bertujuan untuk pengoleksian, perlindungan serta pelestarian flora dan fauna yang ada di Kalimantan Barat.

Sebelum dikelola dengan baik, Arboretum Sylva Untan hanyalah areal percontohaan antara Departemen Perindustrian dan Pertanian. Dimana kawasan ini dulunya hanya ditanami ubi dan jagung.

Dikarenakan kurangnya pengelolaan terhadap areal tersebut, tanaman ubi dan jagung yang ada pun menjadi terbengkalai. Pada akhirnya, areal tersebut ditumbuhi oleh rumput dan alang-alang.

Saat ini Arboretum Sylva Untan sedang diusahakan agar bisa semakin dikenal di dunia internasional. Hal ini dilakukan dengan membangun jaringan bersama lembaga-lembaga lingkungan yang ada di luar negeri.

Dengan begitu, dunia bisa mengenal Arboretum Sylva Untan. Untuk menggalakkan upaya ini, segala persiapan mulai dilakukan. Adapun persiapan yang dilakukan meliputi pendataan flora dan fauna di Arboretum secara lebih detail.

Tak hanya itu, ada juga penambahan fasilitas di kawasan Arboretum Sylva Untan ini. Mulai dari pembangunan meeting room, home stay hingga rail yang digunakan untuk keliling kawasan.


Lokasi


Hutan Kota Arboretum Sylva Untan terletak di Pontianak, Kalimantan Barat, lebih tepatnya di Bansir Laut, Pontianak Tenggara.


Peta Lokasi




Harga Tiket Masuk


Anda bisa kunjungi Hutan Kota Arboretum Sylva Untan kapanpun itu. Hal ini dikarenakan Hutan Kota Arboretum Sylva Untan buka setiap hari selama 24 jam.

Untuk memasuki kawasan wisata Arboretum Sylva Untan pun, anda tak perlu mengeluarkan biaya. Hal ini dikarenakan tiket masuk Arboretum Sylva Untan masih gratis.


Tips & Trik


Bagi anda yang ingin mengunjungi Hutan Kota Arboretum Sylva Untan, pastikan anda menyiapkan segala persiapan sejak awal untuk melakukan beragam kegiatan menarik.

Selain menjelajah hutan dan menikmati keindahan alamnya, anda juga bisa menjadikan Arboretum Sylva Untan sebagai tempat fotografi dan pembuatan film, jogging, cycling, ekowisata hingga outbound. Dengan begitu, liburan anda akan terasa lebih berkesan.


Video Taman Arboretum Sylva



Video : Farwi Untung

0 komentar

Posting Komentar