Wisata Religi Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Ikon Kota Singkawang

Wisata Religi Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Ikon Kota Singkawang
foto : thetanjungpuratimes.com
 Lokasi : Jl. Sejahtera No.28, Melayu, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : -
 Harga Tiket masuk : -


Vihara Tri Dharma Bumi Raya


Ketika anda memutuskan untuk melakukan kunjungan wisata, tak ada salahnya anda memilih Kota Singkawang. Di kota ini, anda bisa menemukan berbagai destinasi wisata, termasuk wisata religi seperti Vihara Tri Dharma Bumi Raya.

Vihara ini sebenarnya tak terlalu besar. Hanya saja, vihara ini menjadi vihara tertua di Kota Singkawang. Dengan alasan tersebut, Tri Dharma Bumi Raya seolah sudah menjadi ikon Kota Singkawang.

Oleh karenanya, akan terasa kurang lengkap jika berada di Singkawang namun tak menyambangi Tri Dharma Bumi Raya. Vihara yang dibangun pada tahun 1878 ini disebut sebagai tempat ibadah tertua umat Tri Dharma yang ada di Kota Singkawang.

Bahkan vihara ini juga dianggap sebagai cikal bakal lahirnya Singkawang. Selain Tri Dharma Bumi Raya, vihara ini juga dikenal dengan sebutan Tai Pak Kung (Toa Pekong). Ketika anda menyambangi vihara ini, pastikan anda berkeliling kawasannya untuk mengeksplor keindahannya dan keunikan yang dimilikinya.


Perlu untuk anda ketahui, di sebelah kanan kuil ini terdapat taman kecil yang dilengkapi dengan lukisan kehidupan masyarakat Tionghoa. Dimana lukisan tersebut menggambarkan mengenai keamanan, kedamaian dan kesejahteraan.

Beralih ke bagian pagarya, anda bisa menemukan banyak simbol yang mana diyakini bisa membawa kebaikan untuk warga Tionghoa. Adapun simbol yang ditampilkan pada pagar Vihara Tri Dharma Bumi Raya diantaranya yaitu gambar bunga teratai yang dinilai simbol kesempurnaan, gambar binatang seperti naga dan bahkan gambar koin dengan kelelawar yang menyimbolkan kemakmuran.

Kuil ini sangat ramai pengunjung saat Cap Go Meh. Dimana dalam acara tersebut, dilakukan ritual untuk membersihkan kota dari semua loya (dukun Tionghoa), roh jahat dan berbagai energi negatif lainnya.

Ritual ini mengharuskan untuk meminta restu dari Dewa Bumi Raya yang ada di vihara ini. Ritual ini sendiri disebut dengan pantang harimau putih. Maka dari itu, ada baiknya anda kunjungi vihara ini saat Cap Go Meh agar lebih semarak.


Lokasi


Tri Dharma Bumi Raya berlokasi di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, tepatnya di jalan Sejahtera No.28, Melayu, Singkawang Barat. Sebelum anda mengunjungi Tri Dharma Bumi Raya, anda memang harus mengetahui dimana lokasinya terlebih dahulu.

Untuk menuju Tri Dharma Bumi Raya pun, anda bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil karena jalannya cukup mudah diakses dengan kendaraan tersebut.


Peta Lokasi




Harga Tiket Masuk


Perihal tiket masuknya, wisata religi yang satu ini tidak diketahui apakah memberlakukan tiket masuk atau tidak. Selain itu, info mengenai jam operasional Vihara Tri Dharma Bumi Raya juga belum diketahui.

Hal yang pasti, vihara ini selalu ramai dipadati wisatawan, terutama saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh.



Galeri Foto

Vihara Tri Dharma Bumi Raya @angela_khoe
Photo by IG : @angela_khoe
Vihara Tri Dharma Bumi Raya @flyingpanzer
Photo by IG : @flyingpanzer
Vihara Tri Dharma Bumi Raya @petrusapul
Photo by IG : @petrusapul


Video Vihara Tri Dharma Bumi Raya



video : jun phenz

0 komentar

Posting Komentar