Pesona Wisata Bukit Kelam di Kalimantan Barat

Pesona Wisata Bukit Kelam di Kalimantan Barat
Photo by IG : @sintang.bagak
 Lokasi : Desa Jetak, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : -
 Harga Tiket masuk : -


Bukit Kelam Sintang Kalbar


Tempat Wisata di Kalbar memang banyak sekali macamnya yang menarik untuk dikunjungi. Entah itu dari budaya ataupun dari keindahan alamnya. Salah satu kekayaan alam yang terdapat di kawasan ini adalah Bukit Kelam yang termasuk Bukit Batu Tertinggi di Dunia.

Keunikan Bukit Kelam ini termasuk aset yang sangat bernilai tinggi, maka dari itu kita semua harus bisa menjaga, melestarikan dan memperkenalkannya pada masyarakat. Entah itu di dalam negeri maupun mancanegara.


Bahkan tempat ini juga dijadikan sebagai wisata rohani Bukit Kelam. Sebab, disini banyak terdapat bangunan bersejarah. Bukit Kelam ini termasuk salah satu dari berbagai macam tempat wisata yang memiliki keindahan yang luar biasa di Indonesia.

Bukit Kelam juga dijuluki  dengan nama Bukit Batu dan Bukit Raya. Seperti halnya bukit batu yang terdapat di negara Australia Ayers Rock yang juga diklaim sebagai bukit terbesar dan tertinggi di dunia, Bukit Kelam ini juga disebut dengan Black Rock. Yang mana juga merupakan salah satu dari 14 Bukit Batu Monolith yang paling besar di dunia.


Keunikan Bukit Kelam


Banyaknya orang yang mengunjungi Bukit Kelam ini pastinya disebabkan oleh keunikan dan juga daya tarik yang dimiliki oleh tempat ini.

Keunikan yang bisa anda semua lihat dari Bukit Kelam ini yang bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung saat melihat langsung dan merasakan keindahan pemandangan batu raksasa yang ada di Bukit Kelam ini.


Lokasi Bukit Kelam


Untuk anda semuanya yang ingin pergi ke Bukit Kelam sebaiknya anda mengetahui okasinya dulu supaya tidak tersesat nantinya.

Lokasi dari wisata rohani bukit kelam ini yaitu ada di Desa Jetak, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.


Peta Lokasi





Wisata Rohani Bukit Kelam


Gua Maria Bukit Kelam adalah salah satu wisata yang lokasinya ada di kompleks Wisata Rohani Bukit Kelam. Nama Bukit Kelam ini asal mulanya batu-batu yang ada di bukit tersebut, yang mana batu-batu ini memiliki warna gelap atau hitam.

Dengan demikian, bukit itu diberi nama dengan Bukit Kelam. Bukit ini memang ada di kawasan hutan wisata yang mempunyai beberapa objek wisata menarik. Diantranya seperti pemandangan yang indah, air terjun, gua alam yang banyak dihuni oleh ribuan kelelawar.

Kompleks wisata rohani bukit kelam juga sudah ada sarana peziarahan seperti halnya kapel doa, rute jalan salib, dan juga rumah retret (penginapan). Gua Maria lokasinya sangat dekat dari penginapan.

Adanya tempat ziarah ini juga didukung oelh pemerintah daerah setempat. Pemkab Sintang dalam hal ini membantu perbaikan jalan (yang memasuki kawasan, suplai listrik juga dipenuhi untuk kebutuhan kompleks peziarahan.

Dengan adanya wisata rohani ini pemerintah berharap supaya nantinya kabupaten Sintang ini bisa lebih banyak dikenal orang.


Galeri Foto

Bukit Kelam SIntang @diekaadie
Photo by IG : @diekaadie
Bukit Kelam Sintang @jerryhinargo
Photo by IG : @jerryhinargo
Bukit Kelam Sintang @dialog_alam
Photo by IG : @dialog_alam


Video Bukit Kelam



video : TYO SURVIVAL

0 komentar

Posting Komentar