Mengetahui Tugu Pangeran Kuning Dan Sejarahnya

foto : bowosintang.blogspot.com
 Lokasi : Jl. Teluk Menyurai, Tj. Puri, Kec. Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : 24 Jam
 Harga Tiket masuk : -


Tugu Pangeran Kuning


Kota Sintang Kalimantan Barat memang memiliki daya tarik tersendiri dengan beberapa tempat yang ada di sana. Salah satu bangunana yang menarik untuk diketahui di kawasan Sitang yaitu bangunan tugu.

Di Sintang, telah dibangun sebuah tugu yang diberi nama Tugu Pangeran Kuning. Selain Tugu Pangeran Kuning, di kawasan Sintang juga hadir sebuah jalan yang memiliki sebutan naman Jln. Pangeran Kuning,


Untuk lokasinya yaitu terletak di Kelurahan Tanjung Puri, Kabupaten Sintang. Tugu ini dibandng dengan ciri khas yang berdasarkan dengan ciri-ciri Pangeran Kuning yang sesungguhnya. Yaitu Pangeran Kuning ini memiliki kulit yang berwarna kuning langsat.


Sepenggal Sejarah Tugu Pangeran Kuning


Dalam pembuatan tugu ini ada kisah yang harus anda ketahui tentang siapa sebenarnya Pangeran Kuning itu. Pangeran Kuning disini merupakan seorang yang bijaksana dan juga tepat untuk menjadi pemimpin.

Maka sangat tidak layak jika menilai pangeran ini sebagai seorang pemberontak. Keteguhan serta keberanian rupanya begitu membantu perjuangannya melawan kolonialisme dan akhirnya bisa membuahkan hasil.

Prinsip yang telah dipegang teguh oleh Pangeran Kuning yaitu seorang yang budi pekertinya jujur, bisa selalu menepati janji. Selain itu seorang pangeran yang menduduki posisi menjadi seorang wazir II di kerajaan Sintang di saat masa pemerintahan Pangeran Adipati Surya Negara Muhammad Djamaluddin menjadi seorang raja.

Ketokohan dari Pangeran Kuning ini tidah hanya memiliki pengetahuan mendalam mengenai seluk-beluk hukum agama saja. Akan tetapi juga sangat terampil juga di dalam hukum Adat. Karena memang sudah diketahui jika Pangeran Kuning ini merupakan seorang pahlawanyang  besar, yang sejak didalam pemerintahan kerajaan Sintang telah menjadi orang yang tidak menerima kehadiran kolonial Belanda di Sintang yang sudah diakui.

Baik itu oleh rakyat Sintang sendiri, ataupun oleh musuh-musuh (kolonial Belanda). Nah, bermula dari sepenggal kisah sejarah itulah, perlawanan Pangeran Kuning ini dimulai hingga akhir hayatnya. Perlawanan dan perjuangan yang dilakukan patt dihargai.

Sebab, tak hanya perlawanan fisik saja kepada Belanda dengan cara melakukan perang Gerilya, akan tetapi Pangeran Kuning bahkan samoai rela menanggalkan jabatan Patih Mangkubumi yang saat ini disandangnya.

Hanya karena merasa politik yang dijalankan oleh Kerajaan Sintang ini sudah tidak lagi sejalan dengan apa yang Pangeran Kuning inginkan. Perjuangan Pangeran Kuning ini sangat dihormati dan di kenang sampai sekarang ini.

Untuk mengenang gigihnya perlawanan yang dilakukan oleh Pangeran Kuning tersebut, maka sejak 2009 lalu Pemkab Sintang telah berinisiatif untuk membangun Tugu Pangeran Kuning. Yang mana lokasinya persis ada di depan Makorem 121/ABW Sintang.

Tak hanya itu saja, pemerintah pun juga terus mengusulkan supaya nama Pangeran Kuning ini juga dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional, namun samoai saat ini belum ada titik terang mengenai hal ini.


Peta Lokasi



0 komentar

Posting Komentar