Mengenal Sumur Garam, Spot Wisata Unik di Kalimantan Barat

Mengenal Sumur Garam, Spot Wisata Unik di Kalimantan Barat
Photo by IG : @beritasintang
 Lokasi : Dusun Suak Desan Manis Raya Kecamatan Sepauk
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : -
 Harga Tiket masuk : -


Sumur Garam


Kalimantan Barat termasuk salah satu provinsi di Indonesia yang menyuguhkan berbagai tempat wisata. Tak hanya wisata alam, wisata budaya, wisata religi dan wisata kuliner saja, anda juga bisa menemukan wisata unik di provinsi ini.

Adapun salah satu wisata unik tersebut ialah Sumur Garam. Dimana sumur ini terbentuk dikarenakan adanya pohon adau dengan akar yang unik. Pasalnya, akar dari sumur ini mampu menembus tanah dengan kedalaman yang lebih dari pada pohon lainnya.

Bahkan akarnya sampai bisa menyentuh air laut di bawah Kalimantan. Dikarenakan keunikan akar pohon adau tersebut, tak mengherankan jika spot wisata ini disebut dengan nama Sumur Garam. Lebih unik lagi karena setiap Sumur


Garam yang temukan di Kalimantan senantiasa diselimuti dengan kulit kayu pohon adau. Berbeda dengan sumur pada umumnya, spot wisata ini berwarna jingga atau oranye dengan rasa air yang asin.

Spot wisata unik ini sendiri seringkali ditemukan di tengah sawah. Keunikan wisata ini memunculkan anggapan bahwa Sumur Garam kaya akan kandungan yodium yang tinggi.


Sejarah Sumur Garam


Spot wisata unik yang satu ini memiliki sejarah ataupun legenda tersendiri. Dimana diyakini bahwa dulunya ada kapal yang dinaiki Aji Melayu, Kapal tersebut akan karam jika tak membuang sesuatu yang ada di atas kapal.

Oleh sebab itu, Aji Melayu membuang tempat garam yang dibawanya. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab munculnya sumur. Pada waktu itu juga diceritakan kisah pertemuan Aji Melayu dengan Putri Dara Nante.


Daya Tarik Sumur Garam


Perlu untuk anda ketahui bahwa air asin yang berasal dari sumur ini seringkali diolah warga setempat menjadi garam. Hanya saja, dalam pengolahannya melalui proses perebusan terlebih dahulu.

Kemudian dilanjutkan dengan proses pengendapan. Berbeda dengan air laut, air asin dari sumur ini tak bisa dijemur. Mengenai apa dan mengapa alasannya, hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut tentang hal tersebut.

Semakin menarik perhatian karena spot wisata ini pernah diliput oleh salah satu stasiun swasta dengan acara On The Spot.


Lokasi dan Rute


Anda bisa menemukan spot wisata ini di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, tepatnya di Dusun Suak, Kecamatan Sepauk. Pastikan anda berhati-hati saat menuju lokasinya dikarenakan medan jalannya yang kurang bagus.

Perjalanan dari pusat Kota Pontianak ke Sepauk itu sendiri setidaknya membutuhkan waktu selama 7 jam. Untuk rutenya, anda bisa melalui jalur Tayan dan Landak.


Peta Lokasi





Harga Tiket Masuk


Info mengenai harga tiket masuk tempat wisata Sumur Garam belum diketahui secara pasti. Begitu pula dengan jam operasionalnya.

Untuk itu, alangkah baiknya jika anda langsung menuju lokasinya guna memastikan.


Video Sumur Garam



video : mikael gernis

0 komentar

Posting Komentar