Daya Tarik Sungai Melawi Kalimantan Barat Yang Bisa Anda Nikmati

foto : my.geoview.info
 Lokasi : Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat, Pulau Kalimantan
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : -
 Harga Tiket masuk : -


Sungai Melawi Kalimantan Barat


Berbagai wilayah yang ada di Kalimantan Barat memiliki daya tarik bagi orang yang mengunjunginya. Salah satunya yaitu di Kabupaten Melawi.

Kabupaten Melawi ini berada di Provinsi Kalimantan Barat. Lalu, untuk wilayahnya juga mempunyau tiga sungai yang membentang luas, yakni Sungai Kayan, Sungai melawi dan juga Sungai Pinoh.

Salah satu sungai yang memiliki daya tarik yaitu Sungai Melawi. Perlu anda ketahui, Sungai Melawi adalah sungai yang ada di Provinsi Kalimantan Barat yang panjangnya  471 km.


Kemudian, untuk lebar sungai ini rata-rata 350 meter. Akan tetapi tidak semuanya bisa dilalui oleh kendaraan air. Keadaan Sungai Melawi jika anda lihat yaitu dengan air yang berwarna coklat kekuningan.

Mungkin itu disebabkan oleh endapan lumpur yang dibawanya. Yang mana sebagian besar berasal dari limbah-limbah perusahaan serta aktivitas penambangan liar yang sekarang ini sedang marak terjadi di daerah-daerah yang ada di Kalimantan Barat, termasuk di kawasan Sungai Melawi ini.

Sungai Melawi juga mengalami pasang surut yang drastis. Dan pada saat musim kemarau sungai menjadi dangkal, sehingga ini menjadi menyulitkan jalur tranportasi air.  Maka dari itu, tidak setiap waktu seluruh bagian sungai ini bisa dilalui kendaraan air.


Daya Tarik Sungai Melawi


Banyak jenis ikan yang ada di dalam Sungai Melawi ini. Jenis-jenis ikan tersebut diantaranya yaitu ikan baung, ikan buntal, ikan tapah, ikan toman dan juga ikan patung. Masih banyak lagi jenis ikan yang terdapat di Sungai Melawi ini.

Selain itu, di Sungai Melawi ini juga ada banyak sekali jenis-jenis tumbuhannya. Diantaranya meliputi tumbuhan semak, tumbuhan rumput-rumputan dan juga berbagai macam jenis pohon-pohon.

Selain tumbuhan dan jenis ikan yang ada, daya tarik Sungai Melawi ini bisa dilihat dari pemandangan yang ada di sekitarnya. Maka dari itu, tak akan lengkap rasanya jika anda sedang mengunjungi wilayah Melawi namun anda tidak menyempatkan untuk berkunjung ke Sungai Melawi.

Menikmati pesona keindahan matahari terbenam di tepian Sungai Melawi sambil bersantai disini akan memberikan kesan yang santai dan indah setelah nantinya anda pulang dan meninggakan kabupaten yang ada di Kalimantan Barat ini.

Karena, hampir seluruh lokasi yang ada Sungai Melawi ini sangatlah menarik untuk anda nikmati pemandangan alamnya. Terlebih lagi apabila anda semuanya mau mencoba untuk lebih masuk ke daerah yang ada pedalaman.

Disana anda semua benar-benar bisa melihat eksotisme yang ada di Sungai Melawi. Tempat wisata yang ada di Kalimantan Barat ini juga sudah lama dikenal sebagai menjadi surga bagi para pemancing mania.

Karena banyak sekali jenis ikan yang ada di sungai ini. Tak hanya dijadikan sebagai akses transportasi saja, akan tetapi Sungai Melawi juga bisa meningkatkan ekonomi nelayan. Sebab, memang kesehariannya mereka yaitu mencari ikan di Sungai Melawi.

0 komentar

Posting Komentar