Melihat Pesona Wisata Cagar Alam Raya Pasi di Kalimantan Barat

Melihat Pesona Wisata Cagar Alam Raya Pasi di Kalimantan Barat
foto : borneoscape.com
 Lokasi : Kabupaten , di sekitar Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat.
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : -
 Harga Tiket masuk : -


Kalimantan Barat h diketahui memang sudmemiliki kekayaan alam yang cukup melimpah. Dari mulai kekayaan hutan sampai dengan lautan dengan pemandangan yang sangat mempesoona dan terlihat sangta indah.

Beberapa di antara kekayaan alam yang ada di wilayah ini dilindungi dalam bentuk Cagar Alam, Taman Wisata Alam maupun Taman Nasional. Salah satunya yaitu Cagar Alam raya Pasi.


Cagar Alam Raya Pasi Kalimantan Barat


Cagar Alam Raya Pasi ini banyak diketahui sebagai rafflesia tuan mudae yang tumbuh pada suatu kawasan. Lokasinya berada di wilayah Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang, kawasan ini juga merupakan salah satu wilayah dari pengelolaan Seksi Konservasi Wilayah III yang kedudukannya berada di Singkawang.


Secara geografis kawasan ini lokasinya adalah 108o5900" - 109o0740" BT dan 0o4830" - 0o5220" LU. Kawasan ini juga merupakan salah satu di antara kawasan dengan status penunjukan tertua yang ada di Kalimantan Barat.

Perlu anda ketahui, jika kawasan Cagar Alam Raya Pasi ini ditunjuk menjadi cagar alam yaitu sekitar pada tahun 1978. Kawasan ini juga memiliki status hukum tetap sebagai kawasan cagar alam dari sejak tahun 1990 dengan luas yang mencapai 3.700 hektare.


Lokasi Cagar Alam Raya Pasi


Cagar Alam Raya Pasi ini banyak diketahui sebagai rafflesia tuan mudae yang tumbuh pada suatu kawasan. Lokasinya berada di wilayah Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang, kawasan ini juga merupakan salah satu wilayah dari pengelolaan Seksi Konservasi Wilayah III yang kedudukannya berada di Singkawang. Secara geografis kawasan ini lokasinya adalah 108o5900" - 109o0740" BT dan 0o4830" - 0o5220" LU.

Kawasan ini juga merupakan salah satu di antara kawasan dengan status penunjukan tertua yang ada di Kalimantan Barat. Perlu anda ketahui, jika kawasan Cagar Alam Raya Pasi ini ditunjuk menjadi cagar alam yaitu sekitar pada tahun 1978. Kawasan ini juga memiliki status hukum tetap sebagai kawasan cagar alam dari sejak tahun 1990 dengan luas yang mencapai 3.700 hektare


Peta Lokasi




Flora dan Fauna yang Ada Di Cagar Alam Raya Pasi


Di kawasan cagar alam ini terdapat berbagai jenis anggrek (Phalaenopsis spp., Coelogyne cominngiilind, Aerides adoratum lour, Dendrobium crummenatum). Selain itu juga ada jenis Bunga Patma (Rafflesia tuan-mudae), Bunga Law Belacan (Rhizanthes zippelii) dan juga beraneka ragam jenis flora yang menarik lainnya.

Sedangkan untuk fauna yang sering dijumpai yaitu Beruang Madu (Herlactos malayanus), Landak (Hysterix branchyura), Kukang (Nycticebos coucang), Binturung (Arctictis binturong). Ada juga Trenggiling (Manis javanica) dan burung Enggang (Anracoceros sumatranus), dan masih banyak lagi yang lainnya.


Akses Menuju Cagar Alam Raya Pasi


Untuk anda yang akan menuju di kawasan Cagar Alam Raya Pasi Dari Kota Pontianak bisa dilalui dengan perjalanan melewati jalan darat dengan kendaraan umum, jarak 145 Km dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 Jam. Dari Kota Singkawang menuju lokasi juga dapat anda tempuh dengan melalui 2 jalur yaitu :

1. Lewat Jalur Utara
Anda bisa melewati ruas jalan Singkawang menuju Bengkayang yang bisa ditempuh dengan kendaraan umum dengan waktu kurang lebih sekitar 25 menit.

Setelah itu turun di muka jalan Dusun Sylva Poteng, kemidian anda bisa menuju ke Wisama Gunung Poteng dengan jarak sekitar 3 Km.

2. Lewat Jalur Selatan
Apabila lewat jalur selatan anda bisa melewati rusa jalan Singkawang – Monterado dengan kendaraan umum. Selanutnya anda bisa berhenti di Kampung Sagatani.

Sedangkan untuk menuju ke Cagar Alam Gunung Raya Pasi ditempuh dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dengan jarak tempuh sekitar 2,5 Km.


Video Cagar Alam Raya Pasi


video : ap channel

0 komentar

Posting Komentar