Wisata Religi Ziarah di Makam Kesultanan Pontianak

Wisata Religi Ziarah di Makam Kesultanan Pontianak
Foto : travelingyuk.com
 Lokasi : Kelurahan Batu Layang, Kota Pontianak.
 Google MapsKlik disini
 Buka/Tutup : 24 Jam
 Harga Tiket masuk : Gratis


Makam Kesultanan Pontianak


Pontianak adalah salah satu Kota yang terdapat di Indonesia. Disini terdapat beberapa wisata religi yang masing-masing tempat memiliki cerita dan juga sejarah tersendiri. Tempat-tempat yang ada pastinya mempunyai keunikan serta juga daya tarik tersendiri.

Dan salah satu wisata religi yang bisa anda kunjungi yaitu Makam Kesultanan Pontianak. Makam Kesultanan Pontianak yang berlokasi di Batu Layang ini termasuk aset ketiga warisan Kesultanan Pontianak setelah Istana Kadriah serta Mesjid Sultan Abdurrahman.

Dari 3 lokasi tersebut, ternyata memiliki letak dengan garis lurus dari istana, mesjid dan makam yang arahnya dari timur ke barat. Untuk komplek pemakaman ini juga dikhususkan untuk Sultan Pontianak beserta keluarganya dan tidak diperuntukkan umum.


Makam Kesultanan Pontianak ini lokasinta terletak kurang lebih 7 km jika dari pusat Kota Pontianak. Untuk lebih tepatnya yaitu berada di sekitar 2 km jika dari lokasi Tugu Khatulistiwa. Kawasan makan ini berlokasi di Kelurahan Batu Layang, Kota Pontianak.

Bagi anda semua yang ingin mengunjungi kawasan pemakaman ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan kendaraan umum. Lokasinya yang berada dipinggir sungai Kapuas, ternyata dahulunya makam ini hanya bisa dicapai dengan perahu lewat sungai.

Akan tetapi, sekarang ini makam itupun sudah bisa dikunjungi dengan melewati jalan darat yang ada di sisi jalan menuju Jungkat, kurang lebih sekitar 200 meter dari jalan raya.

Tak hanya ramai dikunjungi para peziarah, banyak juga para wisatawan mengunjungi makam ini dengan tujuan untuk mengetahui lebih lengkap mengenai cerita dan riwayat para Sultan Pontianak, dengan berbagai macam bukti dari keberadaannya.


Ziarah Makan Kesultanan


Tempat wisata religi ini juga termasuk kawasan kompleks lokasi dari pemakaman tujuh orang sultan Pontianak bersama para keluarganya. Makam utama yang terdapat di tempat ini yaitu makam sultan yang pertama.

Diantaranya yaitu makamnya Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie. Untuk lokasi makan tersebut terletak di dalam salah satu ruangan pada bagian tengah kompleks yang bentuknya serupa dengan bunker kecil.

Sedangkan di bagian pintu masuknya para peiarah maka sengaja dibuat lebih rendah, sehingga para peziarah yang datang sebaiknya dalam posisi merunduk ketika hendak memasuki kawasan pemakaman.

Tujuan dari hal ini yaitu untuk penghormatan kepada para sultan. Untuk bagian luar dari kawasan kompleks ini juga ada gundukan batu yang memiliki warna hijau.

Batu yang berwarna hiju ini juga sering disebut dengan Batulayang. Apabila anda datang ke tempat ini, sebaikya anda tidak usah khawatir dengan biaya masuk, sebab bagi anda ynag ingin berkunjung ke tempat ini tidak mengeluarkan biaya tiket masuk.

Dengan biaya tiket masuk yang gratis, anda bisa menikmati tempat wisata religi ini bersama dengan keluarga dan juga teman anda.


Peta Lokasi




Video Makam Kesultanan Pontianak



Video : Rumah Kaca

0 komentar

Posting Komentar