Rabu, 16 Januari 2019

Vihara Bodhisatva Karaniya Metta, Kelenteng Ratusan Tahun di Pontianak

Vihara Bodhisatva Karaniya Metta, Kelenteng Ratusan Tahun di Pontianak

Vihara Bodhisatva Karaniya Metta, Kelenteng Ratusan Tahun di Pontianak
Foto : lelungan.net
 Lokasi : Jalan Kapten Marsan No. 33, Darat Sekip, Kecamatan Pontianak, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : 07.00-17.00 WIB
 Harga Tiket masuk : -


Vihara Bodhisatva Karaniya Metta

Vihara Bodhisatva Karaniya Metta atau yang juga dikenal dengan sebutan Thian Hou Keng atau kelenteng tiga dibangun pada era Dinasti Kang Hie tahun 1645-1772. Di atas gapura masuknya ada keterangan yang memperlihatkan tahun 1829 M. Dimana tahun tersebut adalah periode vihara ini. Dengan nuansa warna merah, Thian Hou Keng memiliki tiang dan rangka bangunan yang dibuat dari kayu ulin. Tak hanya itu, Thian Hou Keng juga memiliki tiga pintu utama yang ada gambar para dewa Khong Hu Chu. Sementara itu, dinding dan altar Thian Hou Keng ada patung dan lukisan yang menyimbolkan filosofi ajaran kehidupan.

Menurut sejarah yang berkembang, pada tahun 1979 Patung Dewi Samudra atau Patung Macou dibawa seseorang yang memiliki marga Kim dari Cina. Di waktu yang sama, didirikan kelenteng Dewi Samudra atau kelenteng Macau yang berlokasi di Jalan Thang Seng Hie. Dalam perkembangan sejarahnya, Thian Hou Keng ini telah mengalami beberapa kali pemugaran hingga seperti kondisinya kini. Kelenteng Thian Hou Keng ini sangat ramai dikunjungi tiap tanggal 1 dan 15 sesuai penanggalan Imlek. Wisatawan yang datang tak hanya dari seputar Pontianak saja, akan tetapi juga wisatawan dari luar kota.


Lokasi

Tempat wisata Vihara Bodhisatva Karaniya Metta bisa anda temukan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, tepatnya di Jalan Kapten Marsan No. 33, Darat Sekip, Kecamatan Pontianak. Lokasi Thian Hou Keng ini masih satu kawasan dengan Komplek Pasar Kapuas Indah.


Peta Wisata



Rute Perjalanan

Untuk menuju lokasi Thian Hou Keng dari Bandara Supadio, anda bisa langsung menuju Kabupaten Kubu Raya. Setelah itu, anda pilih Jalan Jenderal Ahmad Yani. Lalu masuk Jalan Daya Nasional dan lanjut ke Jalan Imam Bonjol. Anda lanjutkan perjalanan anda sampai ke Jalan Kapten Marsan no 33. Tak butuh waktu lama, anda sudah akan tiba di Thian Hou Keng. Jarak antara Bandara Supadio dengan Thian Hou Keng hanya berkisar 17,3 km yang membutuhkan waktu tempuh 32 menit saja.


Jam Operasional

Anda bisa kunjungi Thian Hou Keng kapan saja. Hal ini dikarenakan Thian Hou Keng buka setiap hari, termasuk hari Minggu dan hari besar nasional. Mengenai jam bukanya, Thian Hou Keng buka dari jam 07.00 sampai dengan 17.00 WIB.


Harga Tiket Masuk

Soal tiket masuk, masih sulit ditemukan informasi mengenai harga tiket masuk Thian Hou Keng. Untuk mengetahui berapa harga tiket masuknya, alangkah baiknya jika anda mendatangi langsung tempat wisata Thian Hou Keng.


Tips & Trik

Bagi anda yang sangat tertarik ingin mengunjungi Vihara Bodhisatva Karaniya Metta, anda bisa kunjungi saat hari besar. Hal ini dikarenakan Thian Hou Keng akan buka lebih lama di hari besar daripada hari-hari biasanya. Dengan begitu, anda bisa merasa lebih puas mengunjungi Thian Hou Keng. Alangkah baiknya lagi jika anda mengunjungi Thian Hou Keng sejak awal buka.


Video

Video : Video Tribun Pontianak

Bagaimana Reaksi mu ?

Vihara Bodhisatva Karaniya Metta, Kelenteng Ratusan Tahun di Pontianak
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.