Selasa, 15 Januari 2019

Tugu Khatulistiwa Ikon Terkenal Dari Kota Pontianak

Tugu Khatulistiwa Ikon Terkenal Dari Kota Pontianak

Tugu Khatulistiwa Ikon Terkenal Dari Kota Pontianak
Foto : hondacommunity.net
 Lokasi : Jl. Jl. Khatulistiwa No.23, Batu Layang, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : 07.15–05.00
 Harga Tiket masuk : Gratis
 Parkir : Rp 5.000


Saat anda mendengar orang menyebut nama Pontianak tentu anda akan langsung teringat kepada Tugu Khatulistiwa yang merupakan monumen tanpa bayangan. Ini adalah sebuah monumen atau tugu yang unik. Selain itu, sarat dengan pengetahuan dan pelajaran. Saat anda berwisata ke Kalimantan, rasanya tidak lengkap bila anda tidak mengunjungi tugu yang satu ini. Yang sering disebut dengan Equator Monument. Ini adalah tugu yang sangat unik karena letaknya begitu sempurna.

Tugu ini memang menjadi salah satu ikon wisata kota Pontianak dan banyak dikunjungi oleh masyarakat, khususnya para wisatawan yang datang ke kota Pontianak. Tugu Khatulistiwa adalah kawasan yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Menjadi saksi untuk peristiwa alam yang terjadi setiap tanggal 21-23 Maret dan tanggal 3 September. Menara yang ada di sisi jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara dibuat ketika masa pemerintahan Hindia Belanda.

Hal Unik Dari Tugu Khatulistiwa

Apakah anda tahu apa yang membuat tugu ini menjadi sangat unik? bangunan tugu terdiri dari empat tunggang kayu berlian atau kayu besi. Masing-masing tonggak tersebut memiliki diameter 0,30 meter. Ketinggian tonggak pada bagian depan setinggi 3,05 m dan di bagian belakang tempat lingkaran serta anak panah penunjuk arah dengan ketinggian 4, 40 meter.

Untuk anda yang tinggal di Pontianak atau di kota khatulistiwa. Malam dan siang akan sama lamanya. Sementara bagi mereka yang berada di kawasan selatan atau utara khususnya di daratan Eropa akan mengalami musim dingin. Waktu malam lebih panjang daripada siang hari. Dalam waktu yang bersamaan orang Australia akan merasakan waktu siang hari lebih lama. Ketika equinox inilah orang selatan atau utara merasakan rentang waktu siang dan malam yang sama.

Selain itu, terjadinya kulminasi atau yang sering disebut dengan hari tanpa bayangan. Menjadikan Tugu Khatulistiwa menjadi salah satu ikon Kalimantan yang sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Uniknya tugu ini disempurnakan pemerintah kota Pontianak dengan didaftarkannya tugu ini ke UNESCO supaya bisa lebih dikenal dunia.

Dengan bangunan dan juga tribun baru yang dibuat pemkot Pontianak, menjadikan kegiatan berwisata di sekitar tugu lebih nyaman. Ditambah pula dengan taman kota yang berada di pinggir sungai Kapuas. Bisa membuat kunjungan anda menjadi tidak membosankan. Di samping siang hari, anda juga bisa menikmati indahnya tugu malam hari yang sangat menarik.


Lokasi dan Rute

Bagi anda yang ingin berkunjung ke objek wisata Equator monument ini, maka anda bisa dengan mudah menemukan nya. Karena objek wisata ini lokasinya berada di jalan yang namanya sama.Yakni jalan Khatulistiwa, Kota Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Untuk rutenya dari pusat kota tempat ini memiliki jarak kurang lebih 3 km.


Peta Wisata



Tiket Masuk

Saat anda masuk ke lokasi wisata Tugu Khatulistiwa ini tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Anda cukup membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 saja. Anda sudah bisa menikmati keindahan Equator monument dan lokasi wisata menarik di sekitarnya.


Video

Video : Maybi Prabowo

Bagaimana Reaksi mu ?

Tugu Khatulistiwa Ikon Terkenal Dari Kota Pontianak
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.