Rumah Radakng Wisata Rumah Adat Paling Besar Di Indonesia

Rumah Betang Radakng Wisata Rumah Adat Paling Besar Di Indonesia
Foto : www.brothertrans.com
 Lokasi : Jl.Sutan Syahrir, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
 Google MapsKlik disini
 Buka/Tutup : 07.00–18.00
 Harga Tiket masuk : Rp 6.000- Rp 25.000


Rumah Radakng


Rumah Betang Radakng merupakan salah satu replika dari rumah adat suku Dayak yang berada di Kalimantan Barat.

Ini merupakan tempat wisata andalan dari pemerintah kota yang sudah pernah meraih rekor rumah adat terbesar dan terpanjang di Indonesia.

Bangunan rumah adat ini panjangnya mencapai 138 m, dengan tinggi 7 m, dan lebar 5 m. Rumah ini memiliki ciri berbentuk seperti rumah panggung panjang.


Bagian dari rumah Betang Radakng ini ada tiga macam yaitu teras, ruang selasar yang sering digunakan untuk berkumpul semua anggota keluarga.

Dan juga ruang tidur yang menjadi ruang pribadi bagi setiap kepala keluarga. Bila anda berkunjung ke Kalimantan Barat sebaiknya pastikan datang ke rumah adat Radakng ini. Karena ini menjadi salah satu tempat wisata dan juga icon kota Pontianak.


Keunikan Rumah Radakng


Ciri khas unik dari rumah adat yang satu ini mempunyai kolong atau pondasi rumah yang sangat tinggi. Hal ini digunakan untuk berlindung dari musuh dan binatang buas.

Bentuk arsitektur yang unik khas Kalimantan terdapat pada bagian atap dan juga bangunannya. Rumah panjang ini umumnya dilengkapi bilik-bilik untuk dihuni beberapa keluarga.

Jumlah dari penghuni rumah ini bisa mencapai 100 orang. Sebenarnya istilah Radakng dipakai untuk rumah panjang di daerah Dayak Kanayatn.

Rumah adat ini mulai punah keberadaannya di perkampungan asli Dayak. Sehingga pemerintah Kalimantan Barat ingin melestarikan rumah adat tersebut dengan membuat replika nya dengan skala yang lebih besar.

Bangunan ini diberi beberapa modifikasi dengan desain modern. Dilengkapi struktur bangunan yang terbuat dari beton, atap yang lebih modern dan arsitektur pahatan pada bagian dinding yang menarik.

Jika anda berkunjung ke rumah adat ini, tentu anda sangat tertarik dengan arsitekturnya. Desainnya yang unik dan megah membuat anda ingin berfoto dan mengabadikan keindahan serta kemegahan bangunan ini.


Lokasi dan Rute


Jika anda ingin berkunjung ke rumah Radakng di Kalimantan ini lokasinya berada di jalan Sutan Syahrir. Rumah ini masih satu kompleks dengan tempat wisata rumah adat Melayu.

Jadi untuk rutenya anda bisa menempuh jarak sekitar 17 km dari Bandara Supadio Kubu Raya dengan waktu tempuh sekitar 33 menit.


Peta Lokasi




Tiket Masuk


Bagi anda semua yang ingin berkunjung ke rumah Betang Radakng ini, maka anda harus membayar tiket masuk antara Rp.6000 sampai Rp25.000 saja.

Dan anda sudah bisa berkeliling kompleks rumah Betang Radakng dan juga tempat-tempat menarik yang ada di sekitarnya.

Jadi saat anda berkunjung ke Pontianak, Kalimantan Barat jangan lupa untuk singgah dan berkunjung ke rumah Betang Radakng ini.

Karena di sini anda bisa melihat keindahan arsitektur bangunan khas Kalimantan Barat. Dan bisa abadikan perjalanan wisata anda dengan berfoto dengan latar belakang bangunan yang unik dan megah.


Video Rumah Radakng



Video : Maybi Prabowo

0 komentar

Posting Komentar