Pesona Dibalik Dermaga Batu Ampar Kalimantan Barat

Foto : anakrantaubatuampar.blogspot.com
 Lokasi : Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : -
 Harga Tiket masuk : -


Dermaga Batu Ampar


Untuk penduduk Kalimantan Barat mungkin masih ada yang asing dengan sebutan Batu Ampar. Namun, untuk beberapa orang, Batu Ampar mungkin sudah dikenal sebagai daerah yang menghasilkan kayu.

Di Batu Ampar ini ada tempat yang terkenal dengan pemandangannya yang indah, yaitu Dermaga Batu Ampar. Perlu anda ketahui jika Dermaga Batu Ampar ini letaknya berdekatan dengan Pelabuhan tempat bersandar Kapal Klotok.


Kecamatan Batu Ampar juga diketahui berbatasan dengan Laut. Dengan demikian banyak dijumpai barisan pegunungan. Bukit serta pulau kecil yang tidak berpenghuni juga dapat anda jumpai disini.

Pertama kali berlabuh di Dermaga Batu Ampar, anda bisa melihat berbagai macam rumah makan yang menjual kuliner. Maka dari itu, anda jangan khawatir merasa kelaparan.

Mungkin, untuk anda semua yang berkunjung ke Batu Ampar anda bisa mendapatkan berbagai macam kuliner khas di tempat ini dengan mudah


Akses Dermaga Batu Ampar


Perjalanan yang harus anda tempuh untuk sampai ke Batu Ampar ini yaitu bisa menggunakan jalur laut serta memakai speed boat atau motor klotok. Apabila anda memakai kapal klotok, biasanya lama waktu yang di tempuh kurang lebih sekitar 6 Jam perjalanan.

Dan apabila anda semua menggunakan Speed Boat maka kurang lebih 1,5-2 jam perjalanan. Pada saat perjalanan anda tidak perlu merasa bosan atau jenuh. Sebab, pemandangan sekitarnya sangat menakjubkan dan bisa menyejukkan pandangan kita.

Untuk jalur laut, dahulunya dari Batu Ampar ke daerah lain seperti ke Pontianak, harus menempuh dilakukan dengan perjalanan selama berhari hari bahkan berbulan-bulan.

Sebab, perjalanan tersebut hanya dengan menggunakan sampan saja. Jadi hanya menggunakan tenaga manusia atau di kayuh. Sampan yang dipakai masyarakat inisebelum adanya kapal motor dengan mesin yang memiliki kapasitas yang besar.

Maka dari itulah perjalanannya sangat lama. Akan tetapi, untuk saat ini fasilitas-fasilitas kendaraan yang di pakai menuju Batu Ampar sudah mulai berkembang.

Yakni dengan adanya kapal motor yang sudah menggunakan mesin dan memiliki kapasitas yang besar.


Aktifitas Dermaga Batu Ampar


Ternyata, di Dermaga Batu Ampar ini sudah banyak sekali penduduk yang menempati Wilayah tepian dermaga, bahkan seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun justru semakin ramai.

Dengan demikian, dermaga yang mestinya luas dan digunakan untuk kenyamanan penumpang turun saat ini berubah menjadi semakin sempit.

Namun, di balik semua itu kita akan merasakan sedikit pesona serta keramaian aktivitas masyarakat yang ada di Dermaga Batu Ampar.

Sebab, di Dermaga Batu Ampar ini juga terdapat pasar, rumah makan, dan penginapan. Jadi, untuk anda semua yang baru pertama kali berkunjung ke Batu Ampar anda tidak perlu merasa khawatir.

Pembangunan yang terus menerus dilakukan untuk dermaga sendiri seperti pembangunan yang pada mulanya dari kayu, saat ini sudah berubah menjadi beton.


Peta Wisata




Video Dermaga Batu Ampar


Video : BJ Dhany

0 komentar

Posting Komentar