Menikmati Pemandangan Pantai Tengkuyung Di Kubu Raya Yang Eksotis

Menikmati Pemandangan Pantai Tengkuyung Di Kubu Raya Yang Eksotis
foto : thejaman.com
 Lokasi : Jl. Ahmad Yani, Procot, Slawi, Procot, Slawi, Tegal, Jawa Tengah
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : -
 Harga Tiket masuk : -


Pantai Tengkuyung


Adanya kawasan Ekowisata Pantai Tengkuyung yang ada di Desa Nibung, Kabupaten Kubu Raya (KKR), sekarang ini ekosistemnya masih terjaga.

Pantai Tengkuyung adalah pantai yang indah terbentang luas tepat menghadap Laut Natuna Selatan. Selain itu, 90 % wilayahnya ditumbuhi oleh hutan.

Jika anda semua ingin berkunjung ke Pantai Tengkuyung, maka dapat anda lakukan pilihan yakni dengan memakai jalur darat dan air.


Jika lewat jalur darat untuk sekarang ini masih sulit untuk dilalui. Sebab, untuk masih jalan tanah dan hanya dapat memakai kendaraan roda dua, pada saat cuaca yang bagus.

Panjang Pantai Tengkuyung ini panjangnya 17 kilo meter. Pemandangan alam tampak sangat menarik. Tak hanya itu saja, habitat Tengkuyung yang berkembang biak di sana terhampar di permukaan pantai. Dan inilah yang menjadi daya tarik dari Pantai Tengkuyung ini.


Pesona Pantai Tengkuyung


Di Pantai Tengkuyung ini para pengunjung bisa menyusuri hutan mangrove, dan ini merupakan aktivitas yang asyik. Disini anda juga dapat melihat langsung kelompok monyet ekor panjang yang kerap terlihat dari dahan pada dahan lain yang ada di hutan mangrove.

Tak hanya monyet ekor panjang, momen yang paling menarik yaitu kehadiran Bekantan. Bekantan merupakan jenis primata besar yang termasuk satwa endemik hutan mangrove.

Ciri khasnya yaitu hidung yang panjang, dan rambut yang warnanya merah kekuning-emasan. Bagi anda yang berkunjung di pantai ini, biasanya akan melihat monyet berhidung panjang ini.

Selain bisa melihat bekantan, yang paling berkesan disini anda bisa mencicipi kuliner khas di Pantai Tengkuyung. Misalnya saja seperti udang, kepiting bakau yang ukurannya besar-besar, dan juga ikan kakap yang keadaannya masih segar.

Selain memiliki pemandangan yang asri, di Pantai Tengkuyung juga terdapat shelter dan penginapan murah. Untuk anda yang merupakan pecinta alam, anda juga bisa menikmati semilir angin pantai yang sejuk dengan cara berkemah sambil menikmati ikan kakap bakar yang nikmat.

Apabila beruntung, pada saat malam hari pengunjung bisa melihat langsung aktivitas penyu naik ke pantai untuk bertelur. Namun, semuanya tergantung dengan musim dan keberuntungan.

Perlu anda ketahui, jika Pantai Tengkuyung ini mempunyai ombak yang tidak terlalu besar, kondisi airnya juga sedikit keruh. Akan tetapi, pantai yang mempunyai hamparan pasir yang luas ini juga mempunyai daya tarik yang tak kalah dengan pesona pantai yang ada pada kawasan lainnya.

Pada waktu pesona keindahan Pantai Tengkuyung selalu dikembangkan warga Desa Sungai Nibung. Disini juga ada beberapa bangunan permanen yang masih berdiri. Antara lain yakni bangunan cinderamata.

Ada juga panggung hiburan, penginapan, track mangrove, serta jalan yang mulai mengalami perbaikan. Seperti halnya dermaga untuk singgah kapal-kapal yang membawa wisatawan yang memilih perjalanan dengan memakai jalur air.


Video Pantai Tengkuyung


Video : NRP EXPEDITION Official

0 komentar

Posting Komentar