Rabu, 30 Januari 2019

Mengetahui Situs Kerajaan Kubu dan Sejarahnya

Mengetahui Situs Kerajaan Kubu dan Sejarahnya

Mengetahui Situs Kerajaan Kubu dan Sejarahnya
foto : situsbudaya.id
 Lokasi : Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : -
 Harga Tiket masuk : -


Situs Kerajaan Kubu

Kalimantan Barat memang memiliki banyak seklai budaya dan sejarah. Untuk wilayah ini mempunyai banyak sekali situs peninggalan sejarah yang harus dilestarikan,. Khususnya situs yang ada kaitannya dengan kerajaan maupun kesultanan. Meskipun banyak yang tidak menyisakan peninggalan fisik, misalnya seperti bangunan. Akan tetapi, peninggalan non fisik disini juga ada, diantaranya cerita rakyat tetap ada. Cerita itu juga bisa menjadikan sejarah Kalbar semakin banyak tersebar.

Desa Kubu ini juga populer dengan situs peninggalan Kerajaan Kubu. Sesuai dengan sejarah yang bersumber dari beraneka ragam bahan, Kerajaan Kubu ini didirikan oleh Syarif Idrus. Yang mana dirinya merupkan penyebar ajaran Islam dari Ar-Ridha Trim Hadralmaut. Perlu anda ketahui, jika situs sejarah peninggalan Kerajaan Kubu yang menjadi potensi objek wisata Budaya/Rohani yang ada di Kecamatan Kubu diantaranya yaitu:
1. Masjid Jami Khairussa’adah, Kompleks Makam Kerajaan Kubu
2. Makam Raja-raja Kubu
3. Keraton Adrussiyah Kubu


Sejarah Singkat Kerajaan Kubu

Kerajaan Kubu ini diperkirakan berdiri dari ketika abad pada saat 18 Masehi. Adanya objek wisata sejarah Kerajaan Kubu di Kecamatan Kubu yang populer di Kalimantan Barat ini termasuk salah satu situs sejarah yang paling tua. Selain itu juga merupakan titik sasaran untuk para pengunjung. Entah itu wisatawan yang asalnya dari dalam negeri atau yang asalnya dari luar negeri. Sebagian besar dari etnis melayu kerap melakukan kunjungan dan berziarah di situs wisata bersejarah yang ada di Kerajaan Kubu tersebut.

Salah satu situs kerajaan yang telah banyak diketahui yaitu situs tentang Kerajaan Kubu. Kerajaan yang lokasdi inya berada di Kabupaten Kubu Raya tidak dapat dipisahkan dengan sejarah dari Kesultanan Pontianak. Hadirya saudagar dari daerah Hadramaut yang ada di Selatan Jazirah Arab yang jumlahnya sekitar 45 orang termasuk awal kemunculan kerajaan-kerajaan Melayu yang ada di Kalbar. Kedatangan mereka awalnnya hanya memiliki tujuan untuk berdagang yang ada di lautan Timur-jauh (Asia).

Perlu anda ketahui, jika leluhur dan Tuan Besar (Raja) dari Kerajaan Kubu pertama ini yaitu Syarif Idrus Al-Idrus. Dirinya juga merupakan menantu dari Tuan Besar (Panembahan) Mampawa (Mempawah). Syarif Idrus ini juga termasuk ipar dari Sultan pertama dari Kesultanan Pontianak. Pada mulanya, Syarif Idrus membuat perkampungan yang ada di dekat muara Sungai Terentang, barat-daya pulau Kalimantan. Dan lama kelamaan perkampungan ini menjadi maju serta berkembang.

Keluarga Syarif Idrus Al-Idrus selanjutnya juga tumbuh menjadi keluarga yang kaya-raya karena adanya perdagangan yang maju. Mereka juga membangun hubungan yang terjaga, entah itu dengan Kerajaan Inggris Raya, ketika pemerintahan Gubernur Jendral Sir Thomas Stanford Raffles. Hubungan ini akhirnya berlanjut sampai sesudah kembalinya Belanda ke Indonesia serta dirintisnya pembangunan pulau Singapura.


Peta Lokasi


Bagaimana Reaksi mu ?

Mengetahui Situs Kerajaan Kubu dan Sejarahnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.