Jumat, 14 Desember 2018

Pusentasi Sulawesi Tengah, Wisata Pantai Bawah Tanah Unik dan Cantik

Pusentasi Sulawesi Tengah, Wisata Pantai Bawah Tanah Unik dan Cantik

Pusentasi Sulawesi Tengah
Sumber Gbr : Berita7.id
 Lokasi : Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala.
 Google Maps : Klik disini
 Harga Tiket masuk :
        ⇒ Senin - Sabtu : Gratis
        ⇒ Minggu dan hari libur :
             → Anak-anak            : Rp. 5.000
             → Dewasa                 : Rp. 10.000
             → Wisatawan Asing : Rp. 15.000


Pusentasi Sulawesi Tengah

Pusentasi adalah pantai pusat laut yang penamaannya memakai bahasa Kaili, Sulawesi Tengah. Dalam bahasa Kaili, Pusat memiliki arti Pusen, sementara laut berarti Tasi. Dikarenakan letaknya ada di bawah tanah, Pusentasi tampak seperti sumur raksasa. Pusentasi ini memiliki air yang jernih dengan warna turqoise. Dengan kedalaman 7 meter dan diameter 10 meter, Pusentasi menjadi sink hole yang terhubung langsung dengan air laut lewat terowongan. Terowongan ini digunakan untuk masuk air laut yang jaraknya sekitar 500 meter dari Pantai Tanjung Karang.

Semakin menarik lagi karena disekeliling Pusentasi ada tembok berwarna-warni yang dicat menggunakan warna-warna lucu. Air yang ada di Pusentasi juga tak pernah keruh atau kotor meski sering dipakai untuk menyelam dan berenang. Untuk anda yang ingin berenang pun tak perlu merasa takut. Hal ini dikarenakan Pusentasi telah dilengkapi dengan tangga. Tangga tersebut bisa anda manfaatkan untuk memanjat ke daratan. Dengan mengunjungi Pusentasi, anda bisa mendapatkan pengalaman liburan yang mengesankan.

Lokasi

Tempat wisata Pusentasi berlokasi di Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, lebih tepatnya di Dusun Simbe, Desa Limboro. Medan jalan menuju Pusentasi cukup mudah dilalui. Meski begitu, anda tetap harus berhati-hati dengan berbagai resiko yang mungkin saja terjadi selama perjalanan.

Peta Lokasi


Rute Perjalanan

Jika anda ingin menuju lokasi Pusentasi Sulawesi Tengah, anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan bermotor, seperti halnya sepeda motor dan mobil. Apabila anda mulai perjalanan dari Banawa ibu kota Kabupaten Donggala, anda akan menempuh jarak 12 km. Sementara jika anda menempuh perjalanan dari Palu ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, anda akan menempuh jarak 46 km.

Anda nantinya hanya perlu mengikuti papan petunjuk arah yang memberitahukan lokasi Pantai Tanjung Karang Donggala. Dari lokasi pantai ini, Pusentasi sudah begitu dekat. Pusentasi masih ada di kawasan Pantai Tanjung Karang. Tempat wisata Pusentasi ini hanya berjarak sekitar 500 meter dari lokasi bibir Pantai Tanjung Karang. Dengan begitu, anda akan mudah menemukannya.

Harga Tiket Masuk

Bagi anda yang ingin berenang di Pusentasi Sulawesi Tengah, anda harus membayar tiket masuk seharga Rp. 5.000 untuk anak-anak, dewasa sebesar Rp. 10.000, dan Rp 15.000 untuk wisatawan asing. Biaya masuk tersebut hanya akan anda bayar apabila berkunjung di hari libur, seperti libur hari Minggu biasa, Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, dan libur nasional lainnya. Sementara jika hari-hari biasanya, anda tak akan dipungut biaya sepeser pun.

Tips & Trik

Jika anda tertarik ingin berenang di Pusentasi Sulawesi Tengah, anda harus memiliki keahlian khusus. Hal ini dikarenakan kedalaman Pusentasi memang tak biasa. Dengan begitu, anda tetap bisa merasa aman.

Bagaimana Reaksi mu ?

Pusentasi Sulawesi Tengah, Wisata Pantai Bawah Tanah Unik dan Cantik
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.