Sabtu, 15 September 2018

Tugu Monas, Wisata Sejarah dan Edukasi Paling Menarik Di Jakarta

Tugu Monas, Wisata Sejarah dan Edukasi Paling Menarik Di Jakarta

Tugu Monas 1
sumber gbr : www.guoguiyan.com
 Lokasi : Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : 07.00-00.00 WIB
 Harga Tiket Masuk Kawasan Monas: Gratis
     Harga Tiket Masuk Tugu Monas :
    Dewasa : Rp. 20.000
    Anak-anak : Rp. 10.000


Tugu Monas Jakarta

Monas (Monumen Nasional) telah menjadi salah satu ikon Ibu Kota Jakarta. Selain itu, Monas juga dijadikan sebagai tempat destinasi wisata untuk warga Jakarta dan sekitarnya yang hendak melihat pesona malam hari maupun siang hari.

Tidak hanya di Indonesia, ternyata Monas juga merupakan salah satu landscape yang dikenal di luar negeri. Area monumen ini telah dijadikan sebagai tempat wisata dan juga sebagai tempat rekreasi favorit di Jakarta, sekaligus juga dijadikan sebagai wisata edukasi dan sejarah.

Monas berdiri sejak 12 Juli 1975 untuk mengenang perlawanan serta perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari kolonial Hindia Belanda. Untuk sekarang ini, Monas berfungsi sebagai salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi.

Arsitek bangunan Monas ini adalah Friedick Silaban dan RM. Soedarsono. Pada bagian puncak Monas memiliki mahkota lidah api yang dilapisi dengan lembaran emas yang merupakan lambang dari semangat perjuangan yang membara.

Daya Tarik

Monas tidak hanya sekedar monumen biasa, akan tetapi bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Kemudian, ada banyak spot wisata bersejarah dan juga edukasi. Yang pasti, tempat ini akan sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Pada sekitar monument juga ada area terbuka dengan hijaunya taman kota yang tertata rapi. Suasana disini memang tampak hijau dan rindang, sangat pas untuk bersantai dengan keluarga. Selain taman, disekitar area juga dilengkapi dengan jogging track dan tempat berolaraga.

Dibeberapa spot juga tersedia karya seni indah seperti halnya patung, dan juga ada beberapa monumen yang memiliki sejarah. Sebelum masuk ke dalam Monas, terlebih dahulu, anda bisa berkeliling menikmati taman kota serta seni patung yang ada.

Ada juga pertunjukan air mancur menari di Mona Jakarta. Pada umumnya pertunjukan ini dilakukan pada hari sabtu malam dan juga pada hari minggu malam. Jam pertunjukan yaitu pada saat pukul 19.30 dan pukul 20.30 WIB. Lama setiap sesi pertunjukan yaitu kurang lebih selama 30 menit.

Ada juga relief yang menggambarkan sebuah sejarah indonesia di setiap sudut halaman luar monumen nasional. Relief tersebut juga disusun dengan kronologis sesuai waktu.

Diantaranya mulai dari sudut timur laut, ada relief yang menggambarkan kejayaan Nusantara yang berupa sejarah dari kerajaan Majapahit dan Singhasari. Para pengunjung dapat menyusurunya searah dengan jarum jam, yang mana telah menggambarkan masa-masa penjajahan kolonial, perlawanan bangsa, serta juga relief pahlawan nasional Indonesia.

Jam Operasional

Monumen yang memiliki banya sekali dokumen sejarah ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00-00.00 WIB.

Untuk masuk kawasan monas tidak dikenai biaya, akan dikenai tiket masuk apabila anda masuk ke dalam tugu Monas. Untuk dewasa dikenai Rp. 20.000 dan anak-anak Rp. 10.000.

Fasilitas Monas

Monas memiiki banyak fasilitas antara lain :
  • Air mancur yang dilengkapi dengan lampu senter warna-warni
  • Tersedia juga pasar malam buka setiap hari
  • Kamar kecil yang besih
  • Lampu penerang untuk keamanan
  • Meneropong pemandangan Jakarta melalui Monas (Rp. 2000)
  • Fasilitas yang ada juga ramah untuk penyandang disabilitas.


Peta Lokasi


Foto Tugu Monas

Tugu Monas 2 Tugu Monas 3
sumber gbr : www.guoguiyan.com
(klik gambar untuk memperbesar)

Video Tugu Monas

Source video : YArikundo & Drone

Bagaimana Reaksi mu ?

Tugu Monas, Wisata Sejarah dan Edukasi Paling Menarik Di Jakarta
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.