Minggu, 16 September 2018

Mempawah Mangrove Park, Berwisata Sekaligus Belajar

Mempawah Mangrove Park, Berwisata Sekaligus Belajar

Mempawah Mangrove Park 1
 Lokasi :  Desa Pasir, Mempawah Hilir, Mempawah, Pontianak, Kalimantan Barat.
 Google Maps : Klik disini
 Buka/Tutup : 08:00-18:00 WIB
 Harga Tiket masuk : Rp.5000
 Parkir : Rp.2000(), Rp.5000()


Mempawah Mangrove Park

Mempawah Mangrove Park atau MMP (begitulah sebutan populernya) merupakan salah satu ekowisata yang lagi hits diperbincangkan oleh  warga net kalbar. Objek wisata ini terletak di Desa Pasir Mempawah. Mempawah mangrove resmi dibuka sejak 23 agustus 2016.

Disini anda bisa berwisata, belajar dan juga bisa ikut andil dalam pelestarian hutan mangrove. Sebelum lanjut ke pembahasan adabaiknya kita mengenal sedikit mengenai hutan mangrove.

Apa itu hutan mangrove ?

Hutan Mangrove atau hutan bakau ini merupakan hutan yang biasa kita temui di wiliyah tropis tepatnya pesisir pantai. Hutan ini memiliki fungsi sebagai pelindung pantai dari abrasi.

Untuk dapat hidup, pohon bakau harus memiliki tanah yang kadar oksigennya sangat rendah dengan jumlah air yang cukup dan air harus bergerak lambat. Pergerakan air yang lambat membuat sedimen tanah dan pasir halus dapat menumpuk. Pohon bakau juga tidak tahan dengan suhu dingin.

Fungsi dan manfaat hutan mangrove

  • Pelindung pantai dari abrasi
  • Peredam gelombang
  • Habitat Berbagai orgaisme
  • kayu bakar (biasanya dijadikan arang)
  • Tanin (yang digunakan untk bahan penyamak)
  • Bahan pembuatan kertas
  • dll.

Oke, setelah mengetahui sedikit mengenai hutan mangrove, saatnya kita berwisata. Tak hanya sekedar belajar mengenai hutan mangrove, anda juga dapat mempelajari endemik yang hidup disini.

Bagi anda yang  ingin belajar lebih mendalam bisa langsung menuju ke perpustakan. Terdapat beberapa buku yang sangat recommended untuk dibaca.

Tak jauh dari perpustakaan anda dapat berkunjung ke rumah mangrove, rumah ini biasanya digunakan untuk seminar atau tempat peristirhatan para volunteer.

Jika berkunjung disaing hari, Anda tidak perlu takut kepanasan karena disepanjang  jalan telah disediakan pondok-pondok peristirahatan. Didekat pondok juga terdapat poster edukatif.

Penambahan unit tong sampah telah disediakan disepanjang jalan, jadi anda tak perlu bingung atau khawatir mencari tong sampah.

Bosan belajar anda bisa  berswafoto, disini banyak sekali tempat unik antara lain jembatan yang warna warni, batu warna warni, gapura, sampan, jendela, sayap kupu-kupu, sarang burung, menara, kayu minimalis, kayu matahari dll.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore hari karena anda bisa melihat sunset. Jika berkunjung siang hari disarankan membawa payung , walaupun disini sudah sedikit rimbun.

Selain hutan mangrove anda juga dapat menyeberang kepulau terdekat (Pulau Penibung) dengan biaya penyeberangan untuk satu orang kisaran Rp. 25.000 sampai Rp. 30.000, sudah termasuk pulang pergi.

Fasilitas

  • Rumah Mangrove
  • Perpustakaan mangrove
  • Pondok-pondok
  • Tempat jajan
  • Sunset Bright
  • Toile
  • Tempat Sampah
  • dll

Lokasi

Di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat

Rute

Letak yang sangat stategis dan mudah dijangkau membuat mudah untuk menemukannya. Tidak jauh dari kota mempawah dan bersebelahan dengan makam pahlawan.

Peta Lokasi


Jam Operasional

Buka setiap hari dari pukul 08:00-18:00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Rp.5000. Parkir motor Rp.2000 dan mobil Rp.5000.

Spot Foto

Mempawah Mangrove Park 2 Mempawah Mangrove Park 3
Mempawah Mangrove Park 4 Mempawah Mangrove Park 5
Mempawah Mangrove Park 6 Mempawah Mangrove Park 7
Mempawah Mangrove Park 9
 (klik foto untuk memperbesar)

Video Mangrove Park Mempawah

Source video : Herman Channel

Bagaimana Reaksi mu ?

Mempawah Mangrove Park, Berwisata Sekaligus Belajar
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.