Candi Mendut, Wisata Sejarah Dengan Arca Budha Raksasa

Candi Mendut, Wisata Sejarah Dengan Arca Budha Raksasa

 Lokasi : Jl.. Magelang Sumberrejo, Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah
 Google MapsKlik disini
 Buka/Tutup : 06.00-17.00 WIB
 Harga Tiket masuk : Rp. 3.000
 Parkir : Rp. 2.000()

Candi Mendut


Candi Mendut dibangun pada masa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Dinasti ini bercorak penganut Budha pada ketinggian tempat mencapai 3,70 m dpl. Seperti yang ada didalam prasasti Karangtengah yang tertanggal 26 Mei 824 Masehi, dikisahkan bahwa raja Indra sudah membangun bangunan suci wenuwana yang berarti hutan bambu.

Selanjutnya, arkeolog yang berasa dari Belanda, J.G de Casparis, mendefinisikan bangunan suci yang dimaksud tersebut ialah Candi Mendut. Candi Mendut ini berbentuk persegi empat dan dilengkapi dengan atap yang bertingkat. Tah hanya itu, Candi ini juga berhiaskan stupa-stupa kecil.

Candi ini didirikan lebih dahulu dari pada Candi Pawon serta Candi Borobudur yang ada di dalam satu garis lurus. Kawasan wisata candi ini menghadap ke arah barat, dimana berlainan dengan Candi Borobudur yang didirikan menghadap ke arah matahari terbir.



Daya Tarik


Saat anda memasuki pelataran dan kaki Candi Mendut, anda bisa melihat beberapa relief yang mengkisahkan tentang kura-kura, burung, kera, burung manyar, brahmana, dan kepiting, relief ini sekilas terlihat seperti dongeng yang diperuntukkan anak-anak, akan tetapi sebenarnya cerita tersebut mengkisahkan kisah Jataka yang memberikan pesan moral pada semua orang yang berkunjung ke Candi Mendut.

Di bagian badan candi, anda bisa melihat delapan relief Bodhisattva dengan ukuran lebih besar dari pada relief yang ada di Candi Borobudur. Perjalanan selanjutnya akan membawa anda ke depan mata arca setinggi 3 meter lebih dari satu. Arca ini disinari cahaya kekuningan.

Tiga arca berukuran besar yang ada didalam bilik Candi Mendut ini bernama arca Dyani Buddha Cakyamuni atau Vairocana, arca Bodhisatva Vajrapani, dan arca Avalokitesvara. Arca Dyani Buddha cakyamuni ada di tengah dengan posisi sedang duduk. Kakinya menyiku ke bawah dengan posisi tangan memutar roda dharna.

Archa-archa dipahat dari bahan batu hiam utuh secara cermat. Dengan begitu, menghasilkan mahakarya yang luar biasa. Selain itu, ada juga rangkaian bunga segar, hiolo, dan hio yang ada didepan arca-arca tersebut. Selanjutnya, anda akan dibawa meninggalkan pintu gerbang Candi Mendut.

Nantinya anda akan melewati deretan kios suvenir. Anda juga bisa melihat Buddist Monasery yang adalah tempat hening, terbuka, dan terbuka untuk umum. Sejemlah stupa serta bunga teratai ada dikolam menghiasi jalan menuju buddist Monastery.


Fasilitas


  • Tempat Parkir
  • Warung Makan
  • Toko Souvenir
  • Toilet

Lokasi


Candi Mendut berada di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Kawasan wisata Candi Mendut ini berjarak sekitar 38 km ke arah barat laut Yogyakarta.


Peta Lokasi




Jam Operasional


Candi Mendut buka setiap hari pukul 06.00-17.00 WIB.


Harga Tiket Masuk


Harga tiket masuk Rp. 3.000/orang.


Foto Candi Mendut


Candi Mendut 2 Candi Mendut 3
Candi Mendut 4 Candi Mendut 5
Candi Mendut 6 Candi Mendut 7
Candi Mendut 8 Candi Mendut 9
Buddist Monastery 1 Buddist Monastery 2
Buddist Monastery 3 Buddist Monastery 4
(klik foto untuk memperbesar)


Video Candi Mandut


Source video : ufrinta frinta

0 komentar

Posting Komentar