Bukit Jamur Bengkayang Dengan Lautan Awan Yang Menyerupai Mahameru (Info Terlengkap dan Terbaru)

Bukit Jamur Bengkayang 1
  •  Lokasi : Desa Belangko, Kel. Bhakti Mulya, Kec. Bengkayang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat 79213
  •  Google Maps : Klik disini
  •  Buka/Tutup : 24 Jam
  •  Harga Tiket masuk : Gratis/ Suka Rela (memerlukan Izin)
  •  Parkir : Rp. 3000 (Motor)

Bukit Jamur Bengkayang


Nama akan melambangkan sebuah tempat, tapi berbeda dengan tempat (Bukit Jamur) yang satu ini. Di sini anda tidak akan menemui jamur atau pun melihat bukit ini seperti jamur. Lalu kenapa bisa di namakan demikian ?... Pertanyaan tersebut akan kami jelaskan di alinea berikutnya.

Bukit Jamur, atau warga sekitar lebih mengenalnya dengan Bukit Batu, merupakan objek wisata alam yang berada di Kab. Bengkayang. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 500 mdpl (meter diatas permukaan laut) dengan panorama sunset, sunrise dan lautan awan yang begitu mempesona.

Bukit jamur kenapa di namakan demikian ? dinamakan bukit jamur bukan berarti di bukit tersebut ada jamur atau bukit tersebut menyerupai jamur akan tetapi menurut cerita masyarakat sekitar asal muasalnya adalah pada zaman dahulu bukit ini merupakan tempat yang digunakan untuk menjemur hasil panel. kata Jamur sendiri sebenarnya adalah jemur dan tidak diketahui sejak kapan, bagaimana, dan kenapa bisa berubah.

Bagi anda yang baru pertama kali ke sini dan takut tersesat, jangan kawatir karena disini sudah ada pemandunya. Untuk jasa pemandu sendiri biasanya mereka mematok harga sekitar Rp.150.000. Menggunakan jasa pemandu tidaklah wajib, akan tetapi alangkah baiknya jika anda menggunakan jasa pemandu tersebut itung-itung membantu perekonomian warga sekitar.

Untuk penitipan motor anda bisa menitipkannya dirumah warga sekitar dengan tarif Rp.3000 permalam. Disini belum ada tempat penyewaan tenda, jadi sangat disarankan untuk membawa tenda atau keperluan pendakian dari rumah.

Sebelum mulai pendakian diwajibkan untuk izin terlebih dahulu ke RT/ Rw atau warga sekitar. Disini tidak ada batasan bagi anda yang mau pergi sendiri, berdua, atau pun berombongan. Disini juga tidak ada batasan menginap, tapi dengan catatan tetap menjaga etika dengan alam dan pertauran yang telah di berikan oleh RT/RW.

Terdapat dua jalur pendakian yaitu jalur ilalang dan jalur batu. Jalur batu merupakan jalur pendakian yang populer dikarenakan pada jalur ini terdapat banyak pegangan saat mendaki, sedangkan untuk jalur ilalang terbilang selalu dalam kondisi miring dengan pegangan hanya rumput-rumput ilalang. Waktu pendakian tergantung dari pendaki itu sendiri, Normalnya waktu pendakian memakan waktu sekitar 2 jam. Waktu tersebut akan berbeda apabila di setiap pendakian anda berswafoto.

Apakah di puncak ada sumber mata air terdekat ?... Ya ada, anda bisa menggunakannya untuk minum atau mandi. sumber mata air disini tidak terlalu jauh, anda tinggal turun sedikit dari puncak, maka mata air pun ditemukan. Untuk waktu turun diperkiraan 5-10 menit. Berdasarkan pengalaman untuk pengambilan air pribadi cukup sekitar  1,5 liter + 1 botol kecil.


Hal Yang Bisa dilakukan


  • Melihat Sunset & Sunrise
  • Melihan keindahan bintang-bintang saat malam hari
  • Melihat gemerlap kota bengkayang
  • Merasakan kesunyian malam
  • Melihat lautan awan (seperti gunung mahameru)
  • Berkemah


Rute Perjalanan


Pejalan dari pontianak memerlukan waktu sekitar 4 - 4,5 jam dengan jarak sekitar 157 km belum termasuk berhenti untuk beristirahat. 

Untuk mengakses bukit jamur anda dapat menggunakan mobil ataupun motor. Sebelum tiba di bukit jamur anda akan melewati jembatan gantung atau jembatan cinta dengan rasio 1:1, jika air surut/ kemarau anda juga dapat melewati sungai sebalo yang berada tepat di bawah jembatan tersebut. 

Pada sore hari jembatan cinta akan ramai oleh pemuda pemudi yang lagi pacaran atau sekedar berkumpul.


Lokasi


Bukit Jamur terletak di Desa Belangko, Kel. Bhakti Mulya, Kec. Bengkayang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat 79213.


Peta Lokasi




Jam Operasional


Bukit Jamur sendiri buka 24 jam dari hari Senin-Minggu. Tidak ada tutup.


Harga Tiket Masuk


Tidak ada tiket masuk, tetapi memerlukan izin dari RT/RW atau warga setempat. Untuk parkir motor ke kenai tarif Rp.3000.



Tips & Trik


  1. Berdoalah sebelum keberangkatan dan pendakian.
  2. Untuk Pemula diusahakan tidak terlalu banyak membawa barang-barang yang tidak penting, karena akan mengganggu anda dalam pendakian.
  3. Mandilah dipagi atau sore hari untuk menghidari kepanasan saat pendakian
  4. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan nyaman.
  5. Di bukit jamur sendiri sangat nyaman menggunakan kaos dan celana pendek. karena nyamuk tidak terlalu banyak dan anda tidak perlu kawatir mengenai binatang seperti pacat atau semacamnya.


Saran


  • Akan lebih baik jika ada tempat penyewaan tendan atau semacamnya.
  • Akan lebih baik jika pemerintah setempat segera mengolahnya.


Spot Foto


Bukit Jamur Bengkayang 2 Bukit Jamur Bengkayang 3
Bukit Jamur Bengkayang 4 Bukit Jamur Bengkayang 5
Bukit Jamur Bengkayang 6 Bukit Jamur Bengkayang 7
(klik foto untuk memperbesar)


Video Bukit Jamur


Source : deny takayuki

0 komentar

Posting Komentar