Minggu, 12 Agustus 2018

Air Terjun Riam Merasap Dengan Pesona keindahan miniature Niagara (Info Terlengkap dan Terbaru)

Air Terjun Riam Merasap Dengan Pesona keindahan miniature Niagara (Info Terlengkap dan Terbaru)

Air Terjun Riam Merasap 1
  • Lokasi : Desa Sahan, Kecamaan Seluas, Kabupaten Bengkayang, kalimanan Barat, Indonesia
  • Google Maps : Klik disini
  • Buka/Tutup : 08:00 - 16:30
  • Harga Tiket Masuk : Gratis (diharuskan izin)
  • Parkir : Gratis

Air Terjun Riam Merasap Bengkayang

Air Terjun Riam Merasap atau oleh warga sekitar lebih di kenal dengan nama Riebm Merasap, merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di kab Bengkayang. 

Air terjun tersebut memiliki tinggi 20 meter dan lebar 8 meter dengan keindahan alam yang masih asri, air yang sangat jernih dan dihiasi rimbah tropis khas Kalimantan sehingga menjadikan panorama tersebut sangat memukau dan eksotis. Terkadang para wisatawan yang berkunjung kesini sering menyamakan air terjun tersebut dengan air terjun Niagara yang berada di Amerika Serikat, akan tetapi ini versi miniaturnya.

Karena derasnya aliran air di Air terjun tersebut oleh pemeritah setempat dimanfaatkan  sebagai Pembangkit Listrik Tenaga air (PLTA). Tidak heran jika pada saat anda berkunjung ke wilayah tersebut, anda akan melihat sebuah bendungan. Listrik yang dihasilkan oleh PLTA tersebut kemudian didistribusikan ke perumahan-perumahan masyarakat sekitar.

Asal usul nama Air Terjun Riam Merasap tak lepas dari legenda, pandangan, dan pendapat para warga sekitar. Menurut merekan penamaan Air Terjun Riam Merasap terdapat dua versi. Yang pertama dinamakan begitu karena, derasnya aliran air mengalir yang kemudian air tersebut jatuh dari ketinggian 20 meter dan mengakibatkan hantaman yang sangat keras hingga menjadikan percikan air tersebut meyerupai seperti kabut asap, yang apabila didekati akan membuat baju anda menjadi basah kuyup.

Versi kedua dinamakann Air Terjun Riam karena menurut legenda pada musim penghujan warga sekitar biasa melihat buih-buih yang keluar dari air terjun yang sekilas seperti kabut asap. Apabila hujan sangat deras buih-buih tersebut akan sangat terlihat, Konon di Air Terjun ini terdapat intan sebesar kepalan tangan manusia dewasa yang dijaga oleh seekor kura-kura putih (labi-labi).

Masyarakat yang menetap didaerah tersebut kebanyakan suku Dayak Bekati yang sangat baik dan ramah, jadi jangan sungkan untuk meminta bantuan ataupun bertanya.

Lokasi

Objek wisata tersebut terletak di Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat.

Jarak dari Pontianak menju Air Terjun tersebut berjarak sekitar 225km-300km dengan waktu tempuh sekitar 6-8 jam, sedangkan jika anda dari kota Singkawang waktu tempuh sekitar 3-4 jam dengan jarak tempu 134-166 km, dan apabila anda dari sambas waktu tempuh kurang lebih 2-2,5 jam dengan jarak sekitar 90km.

Untuk rute perjalanan dari pontianak anda harus tetap berhati-hati karena pada saat melewati daerah Pinyuh-Anjungan anda akan mengalami sediki jalan rusak, selanjutkan untuk jalan dari Toho-Bengkayang-Sanggau Ledo sangat mulus, Akan tetapi anda akan disambut lagi jalan sedikit rusak ketika menuju ke Air Terjun.

Peta Lokasi


Jam Operasional 

Jam operasional masih terbilang relatif, biasanya dari jam 08:00-17:00 WIB.

Harga tiket

Tidak dibutuhkan tiket untuk menuju Air Terjun tersebut alias gratis, akan tetapi diperlukan izin ke warga sekitar.

Tips & Trick

  1. Berdoa, sebelum bepergian.
  2. Bagi muslim diusahakan membawa peralatan sholat sendiri, dikarenakan masjid/ surau masih tergolong jarang dan jauh.
  3. Membawa barang seperlunya.
  4. Datanglah disaat cuaca cerah, akan tetapi bagi anda pecinta arung jeram sangat  sisarankan datang pada saat musim hujan karena aliran air akan semakin deras. Selepas itu siap super menggigil.
  5. Sangat disarankan untuk membawa makanan sendiri dari rumah, langkah ini dilakukan untuk menekan biaya traveling.
  6. Jika anda datang untuk menikmati keindahan alam dan ingin merasa bebas berwisata di air terjun tersebut, usahakan tidak datang pada hari libur, karena pada hari libur pengunjung sangat ramai.
  7. Isilah BBM mobil/ motor anda dengan full, walupun  sudah terdapat SPBU baru disekitar dareah karangan. hal ini dilakukan untuk menghindari pengisian bahan bakar ecera yang masih tergolong mahal.
  8. Izin terlebih dahulu apabila anda ingin memasang tenda.
  9. Karena jarak antara Air Terjun Riam Merasap dan Air Terjun Pangar tidak terlalu jauh, sangat disarankan anda menuju ke Air Terjun Riam Pangar terlebih dahulu baru kemudian menuju ke Air Terjun Riam Merasap, Jarak antara kedua air tejun tersebut dapat anda tempuh dengan berjalan kaki.


Foto & Spot Foto

Air Terjun Riam Merasap 2
Air Terjun Riam Merasap 3
Air Terjun Riam Merasap 4(Klik Foto Untuk Memperbesar)

Video Air Terjun Riam Merasap


Bagaimana Reaksi mu ?

Air Terjun Riam Merasap Dengan Pesona keindahan miniature Niagara (Info Terlengkap dan Terbaru)
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.